Tekno

Fitur AI Copilot+ PC Tak Lagi Eksklusif Buat Qualcomm

Fitur AI Copilot+ PC
Fitur AI Copilot+ PC kini tak lagi eksklusif untuk Qualcomm. (screenshot @news.microsoft.com)

PasundanEkspres - Fitur-fitur AI terbaru di Windows 11 kini dipastikan tidak lagi eksklusif untuk laptop dengan chip Qualcomm. Fitur tersebut akan tersedia di laptop-laptop dengan chip AMD dan Intel mulai November mendatang.

Saat ini, AMD telah meluncurkan laptop yang memenuhi persyaratan perangkat keras untuk mendapatkan label Copilot Plus PC untuk fitur-fitur AI-nya, meskipun fiturnya masih terbatas pada laptop yang menggunakan chip Snapdragon X Elite dari Qualcomm.

Selain itu, Intel Core Ultra 200V yang baru dirilis, atau yang sebelumnya dikenal dengan kode Lunar Lake, juga dijadwalkan untuk mendapatkan fitur Copilot Plus PC pada akhir 2024 ini, sebagaimana dilaporkan oleh PasundanEkspres yang mengutip dari The Verge pada Rabu (4/9/2024).

"Semua desain yang menggunakan prosesor Intel Core Ultra 200V dan menjalankan Windows versi terbaru akan mendapatkan fitur Copilot Plus PC melalui pembaruan gratis pada November," demikian pernyataan Intel.

Microsoft sebelumnya juga telah memastikan bahwa Intel Lunar Lake dan AMD Strix Point akan mendapatkan pembaruan gratis untuk mengaktifkan fitur Copilot Plus PC saat fitur tersebut sudah tersedia. Namun, mereka tidak menyebutkan kapan pembaruan tersebut akan dirilis.

Kini, ketiga pihak — AMD, Intel, dan Microsoft — telah sepakat bahwa pembaruan tersebut akan mulai diluncurkan pada November mendatang. Bahkan beberapa fitur mungkin akan tersedia lebih awal melalui Windows Insider.

Fitur AI di Copilot Plus PC ini antara lain adalah Auto Super Resolution, yang merupakan fitur upscaling mirip Nvidia DLSS. Grafis akan di-render dengan resolusi lebih rendah untuk mendapatkan frame rate yang lebih tinggi, kemudian ditampilkan dengan resolusi lebih tinggi melalui metode upscaling menggunakan neural processing unit (NPU).

Selain itu, ada fitur Cocreate, Windows Studio Effects, serta fitur AI dari aplikasi pihak ketiga seperti DaVinci Resolve Studio yang juga dapat memanfaatkan NPU untuk mempercepat pemrosesan grafisnya.

Terakhir, ada fitur Recall yang saat ini masih tertunda karena masalah keamanan. Microsoft menargetkan fitur-fitur tersebut akan dirilis pada Oktober mendatang kepada para penguji beta di Windows Insider, sebelum akhirnya diluncurkan secara luas kepada pengguna Copilot Plus PC lainnya.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua