Tekno

Fitur Apple Intelligence Mungkin Gak Akan Gratis Selamanya

Apple Intelligence
Apple Intelligence sepertinya tak akan gratis untuk selamanya. (screenshot @developer.apple.com)

PasundanEkspres - Apple belum lama ini kenalkan fitur-fitur AI yang bakal hadir di perangkatnya di bawah bendera Apple Intelligence. Tetapi, tampaknya fitur-fitur ini tak akan gratis selamanya.

Dalam newsletter terbarunya, jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, mengungkapkan bahwa Apple berencana menjadikan Apple Intelligence sebagai sumber pendapatan terbarunya melalui program berlangganan.

Gurman menyatakan bahwa Apple Intelligence akan dapat diakses secara gratis pada tahap awal ketersediaannya. Namun, dalam beberapa tahun mendatang, Apple berencana menghadirkan tier berbayar yang kemungkinan akan diberi nama 'Apple Intelligence+'.

Versi gratis Apple Intelligence tetap dapat diakses oleh pengguna tanpa biaya, namun mungkin akan memiliki fitur yang terbatas. Pengguna yang ingin mengakses fitur lebih lengkap harus berlangganan Apple Intelligence+.

Menurut Gurman, tier berbayar ini dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi Apple untuk mengimbangi peningkatan hardware yang melambat dan konsumen yang menunggu lebih lama untuk membeli ponsel baru. Selain itu, Apple juga dapat mengurangi ketergantungan terhadap bisnis perangkatnya.

Apple pun diprediksi akan menerima komisi dari pengguna yang berlangganan layanan AI premium yang ditawarkan oleh mitranya, seperti halnya ChatGPT Plus milik OpenAI. Gurman menyatakan bahwa Apple kemungkinan akan segera mengumumkan kemitraannya dengan Google dan Anthropic untuk menyediakan layanan AI mereka di perangkatnya, seperti mengutip dari MacRumors, Kamis (04/07/2024).

Bloomberg sebelumnya melaporkan bahwa Apple menolak kemitraan AI dengan Meta karena masalah terkait privasi. Sementara itu, Apple masih mencari mitra AI di China karena saat ini ChatGPT dan layanan AI lainnya buatan negara Barat tidak tersedia di sana.

Apple Intelligence bakal hadir sebagai bagian dari update iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia. Apple Intelligence masih bakal tersedia dalam fase beta bahkan setelah ketiga OS ini diluncurkan dalam versi stabil pada musim gugur tahun ini.

Saat diluncurkan, Apple Intelligence hanya tersedia di beberapa produk Apple karena keterbatasan hardware. Perangkat yang dapat mengakses Apple Intelligence antara lain iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac yang menggunakan chip M1 atau lebih baru.

Berita Terkait