Tekno

WhatsApp Update Fitur Video Call, Makin Mirip Zoom

Calling update across Whatsapp
Whatsapp update video call jadi mirip Zoom. (screenshot @blog.whatsapp.com)

PasundanEkspres - WhatsApp telah memperbarui fitur panggilan video di semua perangkat. Pembaruan ini membuat pengalaman video call di WhatsApp semakin mirip dengan aplikasi video konferensi seperti Zoom dan Google Meet.

Salah satu pembaruan yang dihadirkan adalah fitur baru bernama Speaker Spotlight. Fitur ini secara otomatis akan menyorot partisipan video call yang sedang berbicara dan menampilkan mereka pertama di layar.

WhatsApp juga meningkatkan fitur screen sharing saat melakukan video call. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada Agustus tahun lalu untuk memudahkan pengguna melakukan presentasi atau sekadar menunjukkan konten di layar ponselnya kepada teman berbicara.

Kini, WhatsApp meningkatkan pengalaman tersebut dengan mendukung screen sharing dengan audio. Jadi, saat screen sharing dan menampilkan video dengan audio, suara di video itu bisa dibagikan dan didengar oleh partisipan video call lainnya.

Terakhir, WhatsApp menambah jumlah maksimal partisipan video call, memungkinkan pengguna melakukan video call dengan hingga 32 orang di semua perangkat yang mendukung WhatsApp.

Sebelum pembaruan ini, WhatsApp hanya mendukung video call dengan 32 partisipan di Android dan iOS. Sementara video call di aplikasi Windows hanya mendukung 16 partisipan, dan di macOS hanya mendukung delapan orang, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (14/6/2024).

Batas baru video call yang semakin besar menjadikan WhatsApp setara dengan FaceTime, yang juga mendukung pengguna iPhone dan iPad untuk melakukan video call dengan 32 orang. Namun, Google Meet dan Zoom masih memiliki batas maksimal terbesar, yaitu 100 orang untuk tier gratis.

Tidak hanya itu, Meta, selaku perusahaan induk WhatsApp, juga memperkenalkan codec Meta Low Bitrate (MLow) di WhatsApp untuk meningkatkan kualitas panggilan bahkan ketika koneksi internet pengguna sedang tidak stabil atau menggunakan perangkat lawas.

MLow sudah tersedia untuk panggilan di Instagram dan Messenger, dan kini akan digulirkan di WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman menelepon di seluruh platform Meta. Fitur-fitur baru yang disebutkan di atas akan digulirkan ke semua pengguna WhatsApp dalam beberapa pekan ke depan.

Berita Terkait