Tekno

David Gadgetin Kaget Lihat Kecepatan Internet Pakai Starlink: Lebih Kenceng dari Paket Saya di Rumah

David Gadgetin Kaget Lihat Kecepatan Internet Pakai Starlink: Lebih Kenceng dari Paket Saya di Rumah
David Gadgetin mengetes kecepatan internet Starlink. (Foto: screenshot YouTube GadgetIn)

PASUNDAN EKSPRES - David Gadgetin akhirnya mereview Starlink yang kini telah masuk ke Indonesia dan mencoba mengetes kecepatan internet milik Elon Musk itu.

Diketahui, Starlink baru saja resmi beroperasi di Indonesia pada bulan Mei lalu yang diresmikan oleh Elon Musk sebagai pendiri SpaceX yang juga mengembangkan Starlink sebagai layanan internet berbasis satelit.

Konten kreator David Gadgetin pun tidak ingin ketinggalan soal teknologi canggih ini yang akhirnya mereview Starlink melalui unggahan video di kanal YouTube GadgetIn yang diunggah pada Rabu (22/5).

David menyebut bahwa Starlink merupakan alat yang spesial menurutnya sebab alat ini memberikan akses internet berkualitas tinggi kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau daerah tanpa akses internet sama sekali.

Ia juga memperlihatkan tutorial bagaimana cara memasang Starlink dengan mudah sebab alat tersebut dinilai ringan dan mudah dibawa kemana saja.

Ketika mencoba speed test atau tes kecepatan internet Starlink, David Gadgetin terkejut melihat kecepatan layanan internetnya hampir di angka 250 Mbps, mengalahkan kecepatan internet yang ada di rumahnya.

"250 megabit? Ini kayaknya lebih kenceng dari paket saya di rumah deh," ucap David Gadgetin.

David pun membandingkan kecepatan internet di rumahnya yang berkisar 100 Mbps dengan harga paket hampir Rp 1 juta/bulan dengan Starlink yang bisa mencapai 250 Mbps dengan harga Rp 750 ribu/bulan.

"Saya nggak pakai yang 1 gigabit lagi, saya pakai yang 100 aja biar lebih murah, itu harganya sejuta. 100 megabit sejuta, ini 750 ribu, 250 megabit..," kata David.

Meski kecepatan internet Starlink cukup mengagumkan, namun kecepatan uploadnya sekitar 37 Mbps yang menurut David tidak terlalu kencang.

David juga mengetes kecepatan downloadnya sekitar 188 Mbps yang ia rasa sangat kencang untuk dipakai bermain game atau menonton YouTube.

Sementara itu, David Gadgetin mengaku takjub dengan kecepatan internet Starlink yang bisa mencapai lebih dari 200 Mbps itu.

"750 ribu unlimited, unlimited, apalagi terharu gua," katanya.

"Saya nggak perlu ngomong kesimpulannya apa, udah keliatan dari sepanjang video, kalau ini revolusioner banget sih dengan harga yang sangat masuk akal," imbuhnya. (inm)

Berita Terkait