Tekno

Benchmark AMD Ryzen AI 9 HX 370, Performa Unggul untuk Game Kelas Berat

Ryzen AI 9 HX 370
Benchmark dari Ryzen AI 9 HX 370 punya keunggulan buat game kelas berat. (screenshot @amd.com)

PasundanEkspres - Mini PC Souyo S9 AI yang dilengkapi dengan chip terbaru Ryzen AI 9 HX 370 telah didistribusikan kepada sejumlah pengulas, dan hasil pengujian yang diperoleh sangat mengesankan.

Salah satu pengulas yang menerima perangkat ini adalah YouTuber ETA Prime, yang menguji PC tersebut dengan prosesor berbasis arsitektur Zen 5 dan memiliki 12 core. Ryzen AI 9 HX 370 ini mengusung empat core Zen 5 berkinerja tinggi dan delapan core Zen 5c yang efisien. Namun, bintang utamanya bukanlah core CPU, melainkan GPU Radeon 890M terintegrasi yang ada di dalamnya.

ETA Prime melakukan pengujian GPU tersebut dengan beberapa game kelas berat pada resolusi 1080p, dan hasil frame rate yang didapat sangat mengesankan untuk ukuran GPU terintegrasi. Contohnya, Cyberpunk 2077 mencatat rata-rata frame rate 74fps, Starfield lebih dari 70fps, Hogwarts Legacy sekitar 72fps, dan Mortal Kombat 1 rata-rata 60fps.

Namun, perlu dicatat bahwa pengaturan kualitas grafis yang digunakan tidak berada di level tertinggi, tetapi juga bukan pada pengaturan terendah, demikian dikutip dari Techspot, Rabu (28/8/2024).

Jika dibandingkan dengan GPU terintegrasi pada prosesor AMD generasi sebelumnya, performa Radeon 890M ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan, terutama dalam game seperti Horizon Forbidden West yang dikenal berat.

Pada APU AMD generasi sebelumnya, mencapai 60fps pada pengaturan 720p low sudah menjadi tantangan. Namun, Souyo S9 mampu mencapai 60fps dengan pengaturan 1080p low, berkat fitur AMD Frame Generation yang diaktifkan.

Untuk sebuah mini PC, Souyo S9 AI juga dilengkapi dengan konektor yang lengkap, termasuk dua USB-A dan satu USB-C di bagian depan, serta dua HDMI, Ethernet, dua USB-A, dan satu USB-C di bagian belakang.

Opsi penyimpanannya pun beragam, dengan tiga slot M.2 NVMe PCIe 4.0, meskipun RAM LPDDR5X-nya sudah tersolder dengan opsi kapasitas 16GB, 32GB, dan 64GB. Mini PC ini dijadwalkan akan diluncurkan pada pertengahan Oktober dengan harga yang belum diumumkan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua