Tekno

Google Photos Mengembangkan Fitur Stories Mirip Instagram

My Week Google Photos
Google saat ini sedang menggarap fitur baru yang akan diberi nama My Week. (screenshot @google.com)

PasundanEkspres - Google Photos kini tidak hanya berfungsi sebagai layanan penyimpanan foto. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur kecerdasan buatan (AI) canggih seperti Magic Editor, Magic Eraser, Photo Unblur, dan lainnya.

Selain itu, pengguna dapat mengunci foto sensitif dengan otentikasi, serta menggunakan opsi pencarian untuk menemukan kembali foto lama guna mengenang momen tertentu.

Saat ini, Google dilaporkan tengah mengerjakan fitur baru untuk aplikasi Photos. Dinamai My Week, fitur ini mirip dengan Instagram Stories, di mana pengguna Google Photos dapat memilih dan menambahkan foto sebagai highlight.

Menurut laporan dari Android Authority pada Kamis (11/7/2024), pembongkar kode AssembleDebug berhasil mengaktifkan fitur My Week di versi terbaru aplikasi Google Photos. Setelah diluncurkan ke semua pengguna, sebuah ubin akan muncul di sudut kiri atas yang bertuliskan 'Memperkenalkan My Week' dengan avatar pengguna dan tombol '+'.

Dengan mengetuk ubin tersebut, pengguna akan diminta untuk mengatur fitur tersebut dan memilih foto yang menggambarkan beberapa minggu terakhir atau sekadar membuat tersenyum.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa pengguna dapat mengajak pengguna Google Photos lainnya ke My Week mereka, memungkinkan mereka melihat sorotan mingguan dalam format vertikal seperti Stories di Instagram.

Pengguna lain dapat memberikan tanda suka dan berkomentar pada sorotan foto tersebut.

Sementara itu, iCloud Photos juga mengalami peningkatan. Berkat alat transfer data baru yang dikembangkan secara kolaboratif oleh Apple dan Google, memindahkan kenangan berharga pengguna kini menjadi proses yang lebih mulus.

Sebelumnya, mentransfer foto dan video dari Google Photos ke iCloud Photos melibatkan proses pengunduhan dan pengunggahan manual yang rumit. Hal ini sering kali membuat pengguna enggan beralih, meskipun ada potensi manfaat dari integrasi iCloud Photos dengan perangkat Apple.

Alat transfer data yang baru ini mencerminkan kolaborasi yang positif antara Apple dan Google. Dikenal sebagai Inisiatif Transfer Data, upaya ini bertujuan untuk memberikan pengguna kendali yang lebih besar atas data mereka dengan menyederhanakan proses transfer informasi antar layanan yang berbeda.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua