Tekno

Intel Arrow Lake-S Gagal Capai Sertifikasi Copilot+ PC

Intel Arrow Lake-S
Intel Arrow Lake-S gagal jadi prosesor Copilot+ PC. (screenshot @cdn.wccftech.com)

PasundanEkspres - Intel berencana merilis prosesor desktop Arrow Lake-S pada tahun 2024 ini, namun dari informasi yang beredar, prosesor tersebut terancam tidak bisa mendapatkan sertifikasi Copilot+ PC.

Diketahui bahwa syarat utama sebuah PC dapat dikategorikan sebagai Copilot+ PC adalah memiliki kemampuan komputasi minimal 40 triliun operasi per detik (TOPS). Namun, dari informasi yang ada, Intel Arrow Lake-S tidak mampu memenuhi syarat tersebut.

Arrow Lake-S CPU dilengkapi unit pemrosesan neural (NPU) yang dapat mengolah data dengan kecepatan 13 TOPS, berdasarkan informasi terbaru. CPU dan GPU-nya diperkirakan memiliki kemampuan masing-masing 15 dan 9 TOPS, dengan total hanya 37 TOPS.

Meskipun tidak memenuhi syarat Copilot+ PC, angka ini tetap lebih tinggi dibandingkan prosesor pendahulunya, seperti Raptor Lake-S yang hanya memiliki 11 TOPS dari kombinasi CPU dan GPU (8+3 TOPS), karena lini prosesor tersebut tidak dilengkapi NPU.

Di sisi lain, ada Hawk Point yang dapat menghasilkan 39 TOPS. Baik Arrow Lake maupun Hawk Point sama-sama tertinggal dibandingkan AMD Strix Point dan Intel Lunar Lake, yang keduanya memiliki kemampuan komputasi 45 TOPS.

Arrow Lake-S masih unggul dengan 13 TOPS dibandingkan jajaran AMD Ryzen 9000 yang tidak memiliki NPU, namun tetap tidak dapat memenuhi syarat 40 TOPS dari Microsoft untuk sertifikasi Copilot+ PC.

Menurut @Jaykihn di X/Twitter, Arrow Lake-S dan Arrow Lake-HX memiliki CPU dengan struktur cache yang berbeda dibandingkan Lunar Lake, meskipun sama-sama menggunakan Lion Cove-P Cores dan Skymont E-Cores.

Chip tersebut dikabarkan hanya memiliki L2 cache sebesar 3MB (12-Way) untuk setiap P-Core dan 4MB (16-Way) untuk setiap E-Core. Sementara itu, L3 cache diperkirakan sebesar 3MB untuk setiap P-Core dan 3-Core, demikian dikutip PasundanEkspres dari Techspot, Rabu (10/7/2024).

Sebagai informasi, Lunar Lake memiliki L2 cache sebesar 2,5MB (10-Way) untuk setiap P-Core dan 4MB (16-Way) untuk setiap E-Core. Untuk L3 cache di P-Core memiliki kapasitas 3MB, namun E-Core tidak dilengkapi L3 cache.

Mungkin Intel nantinya akan memperbarui lini Arrow Lake dengan NPU baru, kemungkinan dengan arsitektur NPU4 terbaru seperti yang digunakan di Lunar Lake. Pasalnya, NPU di Arrow Lake masih menggunakan arsitektur NPU lama, yang membuat kemampuan komputasinya tidak bisa bersaing dengan Lunar Lake.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua