Tekno

Cari Lagu di TikTok Cukup dengan Bersenandung, Begini Caranya

fitur Sound Search tiktok
Cari lagu TikTok kini cukup bersenandung karna ada fitur Sound Search. (ilustrasi Freepik)

PasundanEkspres - TikTok telah merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna mencari judul lagu hanya dengan bernyanyi atau bersenandung. Fitur ini, yang disebut 'Sound Search', serupa dengan yang sudah ada di YouTube Music, Google Assistant, dan Shazam.

Dengan adanya fitur Sound Search, pengguna TikTok dapat mencari judul lagu hanya dengan menyanyikan, memutar lagu, atau bersenandung. Tidak hanya menampilkan judul lagu yang dicari, fitur Sound Search juga menampilkan daftar video TikTok yang menggunakan lagu tersebut.

Menurut TikTok kepada TechCrunch, fitur ini dirancang untuk mencari judul lagu, bukan hanya audio yang identik dengan video TikTok. Namun, hasil uji coba TechCrunch menunjukkan bahwa fitur ini mampu mengenali audio atau meme TikTok yang populer seperti 'oh no oh no oh no no no' yang sering digunakan dalam video.

Saat ini, fitur Sound Search tersedia di negara tertentu dan belum tersedia secara luas. Berdasarkan pantauan PasundanEkspres, fitur ini sudah tersedia di aplikasi TikTok versi terbaru dan dapat diakses oleh pengguna di Indonesia.

Saat diuji, fitur ini mampu mengidentifikasi lagu yang diputar secara langsung dan dinyanyikan dengan sangat cepat. Namun, untuk lagu yang digumamkan atau disenandungkan, sempat beberapa kali gagal dikenali.

Selain itu, fitur ini juga kurang konsisten dalam menampilkan hasil pencarian lagu yang kurang populer atau jarang digunakan di video. Misalnya, saat mencari lagu 'Andromeda' dari Weyes Blood, TikTok dapat mengenali bahwa lagu tersebut berjudul 'Andromeda'.

Namun, dalam hasil pencarian, TikTok tidak menampilkan video yang menggunakan lagu tersebut, melainkan hasil pencarian generik untuk video berjudul 'Andromeda'. Pengguna harus beralih ke tab 'Sounds' untuk melihat lagu yang dicari dan daftar video yang menggunakan lagu tersebut.

Untuk menggunakan fitur Sound Search di TikTok, caranya cukup mudah. Pastikan aplikasi TikTok di ponsel sudah menggunakan versi terbaru.

1. Buka aplikasi TikTok lalu ketuk tombol Search dengan ikon kaca pembesar di sudut kanan atas.

2. Ketuk ikon mikrofon di bilah pencarian di sudut kanan atas.

3. Tekan tombol 'Sound Search' di bawah lingkaran yang berpendar.

4. Dekatkan mikrofon ponsel ke arah lagu yang sedang diputar, dinyanyikan, atau disenandungkan.

5. Tunggu beberapa detik sampai TikTok bisa mengenali lagu.

Fitur baru ini semakin melengkapi fitur pencarian di TikTok. Terutama banyak pengguna, terutama dari kalangan Gen Z, yang mulai memanfaatkan TikTok sebagai mesin pencari pengganti Google.

Belum diketahui kapan TikTok akan merilis fitur ini untuk semua pengguna, dan saat ini kemungkinan peluncurannya masih dilakukan secara bertahap. Apakah Anda sudah bisa menggunakan fitur Sound Search di TikTok?

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua