Daerah

SMAN 1 Subang Sukses Gelar Festival Pameran Seni Instalasi

ZAENAL ABIDIN/PASUNDAN EKSPRES SUKSES DIGELAR: SMAN 1 Subang menyelenggarakan Festival Pameran Seni Instalasi yang dilaksanakan di halaman Bundaran Hijau (Buhi) sekolah, pada Rabu (31/1).

SUBANG-SMAN 1 Subang menyelenggarakan Festival Pameran Seni Instalasi yang dilaksanakan di halaman Bundaran Hijau (Buhi) sekolah, pada Rabu (31/1). 

Festival ini mengusung tema 'art of the box' yang pertama kali digelar SMAN 1 Subang dan karya ini diikuti oleh kolaborasi kelas 12 yang dimulai dari kelas 12 MIPA 6, MIPA 7, dan IPS 1, IPS 2, hingga IPS 3.

Acara festival ini dibina oleh guru Seni Rupa Nida Sholiha MPd Gr dan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Irma Samrotul Fuadah SPd MMPd.

Pembina festival pameran seni instalasi sekaligus guru Seni Rupa Nida Sholihah mengatakan, dari kolaborasi kelas yang mengikuti pameran seni instalasi siswa-siswi menggunakan 322 kardus didaur ulang menjadi box 3 dimensi. 

"Sehingga box yang telah disusun nantinya akan digantung di Buhi, sehingga nantinya pengunjung bisa mengekspresikan dirinya dengan mengecap warna yang sesuai perasaannya hari itu," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres.

Menurutnya, warna memiliki karakteristik perasaan seperti manusia. Ada juga enam warna yang disediakan dan memiliki arti tersendirinya seperti warna merah melambangkan rasa cinta, warna biru itu rasa senang, kuning itu ceria, hijau itu ketenangan, jingga itu rasa kepercayaan, dan ungu itu rasa murah/suram.

Tidak hanya di situ, festival seni instalasi ini memiliki banyak manfaat yang membuka wawasan siswa-siswi bahwa karya seni rupa bukan hanya berbicara tentang identiknya lukisan dan batik. 

Ketua Panitia Pameran Seni Instalasi Muahamad Fauzan Akbar dari kelas 12 IPS 3 menambahkan, dalam karya ini bisa menghantar hal positif untuk warga sekolah sehingga bisa berekspresi melalui media karya dan mau memanfaatkan barang bekas. 

"Dalam karya ini siswa-siswi bisa menambah wawasan melalui karya seni instalasi yang pertama kali di gelar di SMAN 1 Subang, dan warga sekolah bisa berekspresi dengan ceria melalui Pameran Seni Instalasi," tutupnya.(znl/ysp)

Berita Terkait