Daerah

Dua Minggu Jelang Pemilu, Bawaslu Subang Serius Awasi Pendistribusian Logistik

Bawaslu Kabupaten Subang terus melakukan pengawasan secara serius dalam tahap pengadaan dan distribusi logistik.

SUBANG-Untuk memastikan logistik Pemilu 2024 mencapai sasaran dengan tepat, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Subang terus melakukan pengawasan secara serius dalam tahap pengadaan dan distribusi logistik. 

Koordinator Divisi SDM dan Diklat yang sekaligus merupakan Penanggung Jawab Pengawasan Logistik Pemilu, Imanudin menilai bahwa logistik pemilu sangat penting sekali karena pemungutan suara pada 14 Pebruari 2024 nanti tidak akan bisa dilaksanakan jika tidak ada logistik Pemilu. 

"Berbagai perlengkapan pemungutan suara harus benar-benar ada sesuai ketentuan yang ada. Untuk itu, para pengawas pemilu di Kabupaten Subang khususnya jajaran Panwascam setelah diberikan pembekalan agar terus melakukan pengawasan pengadaan dan distribusi logistik," terangnya. 

Berdasarkan hasil pengawasan menurut Imanudin, saat ini masih berlangsung proses pengepakan dan pengessetan logistik atau perlengkapan pemilu. 

"Pengawasan yang kita lalukan adalah untuk memastikan pengepakan dan pengessetan logistik hingga saat pendistribusian dari Gudang KPU Kabupaten Subang ke Gudang PPK di masing-masing Kecamatan logistik," ujarnya. 

Menurutnya, pengawas harus memperhatikan beberapa aspek ketepatan, diantaranya tepat jumlah, tepat waktu, tepat tujuan, tepat prosedur, tepat bentuk, ukuran, kualitas dan spesifikasi sehinggga Pengawasan ini akan kita lakukan hingga pendistribusian sampai tingkat TPS. 

Ia mengatakan, potensi masalah yang akan terjadi dalam pendistribusian logistik salahsatunya faktor cuaca menjadi ke kekhawatiran dalam melakukan proses pendistribusian logistik karena dikhawatirkan untuk satu bulan kedepan curah hujan masih cukup tinggi. 

Selain faktor cuaca, Bawaslu Subang juga menyampaikan kekhawatirannya terkait ketepatan waktu dalam pengiriman atau distribusi logistik pemilihan. 

"Distribusi logistik dari gudang KPU Subang ke gudang PPK di masing-masing Kecamatan, terkendala dengan kondisi pengepakan yang masih berlangsung tidak sesuai rencana," pungkasnya. (cdp/ysp)

 

Tag :

Berita Terkait