Daerah

Pemdes Tanjungasari Barat Bantu 500 Petani Pupuk Organik

Camat Cikaum
Camat Cikaum Rano bersama Kades Tanjungsari Barat Jaenal Mutakim saat menyerahkan bantuan pupuk cair dan kering untuk 500 petani di GOR Desa Tanjungsari Barat, Kamis (29/8).(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Bidang pertanian menjadi salahsatu prioritas program Pemdes Tanjungsari Barat Kecamatan Cikaum. Terutama soal bantuan pupuk organik bagi petani di desa tersebut.

Kepala Desa Tanjungsari Barat Jaenal Mutakim menyampaikan, pemberian bantuan pupuk untuk 500 petani ini, didanai dari dana desa (DD) tahap 2 tahun 2024.

Program ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan ketahanan pangan pertanian, dimana sumber mata pencaharian masyarakat desa ini adalah bertani.

Menurutnya, kebutuhan petani bukan hanya soal ketersediaan air saja, tetapi juga pupuk untuk menumbuhkembangkan padi petani usai tanam, sehingga tanaman padinya sehat dan normal. "Ya kalau pupuk nya aman, dan tersedia, maka produksi padi akan aman juga. Petani bisa panen dengan kondisi padi yang normal," katanya.

Dengan bantuan tersebut ratusan petani di Desa Tanjungsari Barat merasa terbantu, pasalnya kebutuhan pupuk dibantu oleh desa, dan mengurangi biaya produksi terutama soal belanja pupuk. 

"Terimakasih pak Lurah, atas bantuan pupuk ini, mudah mudahan panen nanti mulus dan melimpah," kata salah seorang petani Aep.(dan/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua