Daerah

Warga Subang Masih Sulit Bayar Pajak? Padahal Manfaatnya Banyak Loh untuk Pembangunan

Warga saat berfoto di Alun-alun Subang. Berbagai pembangunan yang dilakukan pemerintah, salah satu sumber dananya berasal dari pajak yang dibayar oleh warga negara.
Warga saat berfoto di Alun-alun Subang. Berbagai pembangunan yang dilakukan pemerintah, salah satu sumber dananya berasal dari pajak yang dibayar oleh warga negara.

SUBANG-Warga Subang yang memiliki kendaraan tentu harus mengetahui manfaat dari membayar pajak kendaraan. Bukan hanya punya kendaraan dan membayar pajak, warga Subang juga perlu tahu mengapa kita perlu melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Berikut ini beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui agar semakin semangat dalam memenuhi kewajiban membayar pajak:

1. Meningkatkan Fasilitas Pendidikan

Pendidikan yang berkualitas adalah impian bagi setiap orang tua. Dengan membayar pajak, Anda turut berkontribusi dalam peningkatan fasilitas pendidikan di Indonesia. 

Program pemerintah seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Bidik Misi, dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat berjalan berkat dana pajak yang diterima oleh negara. Dana ini kemudian dialokasikan kembali untuk kepentingan rakyat.

2. Menyediakan Fasilitas Kesehatan

Dana dari pajak digunakan untuk menyediakan makanan tambahan bagi ibu hamil kurang energi kronis (KEK) dan balita kekurangan gizi. 

Selain itu, dana pajak juga digunakan untuk meningkatkan pelayanan dan mutu rumah sakit, serta membiayai JKN/KIS bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

3. Pengembangan Transportasi Umum Pemerintah gencar membangun dan mengembangkan fasilitas transportasi umum. Dana utama untuk proyek-proyek ini berasal dari pajak yang Anda bayarkan. 

Pengembangan transportasi umum diharapkan bisa menjadi solusi kemacetan di ibu kota dan kota-kota besar lainnya. Dengan adanya transportasi umum yang baik, nyaman, dan terjangkau, masyarakat diharapkan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

4. Pembangunan Infrastruktur dan Fasilitas Umum

Pembangunan jalan, jembatan, sekolah, tol, hingga rumah ibadah dibiayai dari dana pajak. Salah satu manfaat yang dapat Anda rasakan adalah jarak tempuh perjalanan antar kota yang menjadi lebih singkat berkat fasilitas jalan tol yang ada.

5. Keamanan dan Ketertiban Negara

Sebagai negara kepulauan terbesar di Asia, Indonesia perlu menjaga perbatasan negara, terutama wilayah perairannya. Dana pajak digunakan untuk pengadaan senjata, kendaraan tempur, dan peningkatan modernisasi di sektor keamanan darat, laut, dan udara. Tujuannya adalah untuk menjaga kekayaan negeri dari pencurian ilegal oleh pihak asing.

Manfaat membayar pajak tidak hanya terbatas pada hal-hal yang disebutkan di atas. Ada banyak lagi manfaat lain yang dapat Anda rasakan baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Membayar pajak kendraan adalah salah satu cara kita berkontribusi untuk kemajuan dan kesejahteraan negara.(cdp/ysp)

Berita Terkait