Daerah

Baznas Purwakarta Salurkan Bantuan untuk Anak Penderita Hemangioma

Baznas Purwakarta
Ketua Baznas Purwakarta Rika Ristiawati saat menyerahkan langsung bantuan untuk Yusuf, anak penderita Hemangioma.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta menyalurkan bantuan untuk seorang anak penderita Hemangioma, belum lama ini.

Adalah Yusuf Saepudin, anak berusia 6 tahun yang sejak lahir divonis mengidap Hemangioma. Yusup adalah putra tunggal pasangan Yudi Samsudin dan Aan Anilah, warga Kampung Jaladri, Desa Nangewer, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

Untuk diketahui, Hemangioma atau disebut juga dengan tanda stroberi adalah tanda lahir yang muncul di kulit akibat adanya pembuluh darah yang berlebih atau tidak normal. Bentuknya benjolan elastis dan berwarna merah cerah.

Ketua Baznas Purwakarta Rika Ristiawati menyebutkan, kondisi Yusuf pertama kali diketahui oleh Relawan Ikatan Pekerja Sosial. 

Sebelum mengajukan bantuan ke Baznas Purwakarta, sambungnya, relawan tersebut mengajukan bantuan terlebih dahulu ke Dinas Sosial Purwakarta.

"Alhamdulillah, dari Dinas Sosial ada bantuan berupa dibayarkannya iuran BPJS Kesehatan dari anggaran daerah selama tiga bulan. Dengan begitu Yusuf bisa ditangani secara medis dan dirujuk ke RSUP Hasan Sadikin Bandung," kata Rika kepada wartawan saat ditemui di ruangannya, Kamis (3/10).

Rika menjelaskan, ketika relawan tersebut mengajukan bantuan ke Baznas, pihaknya langsung merespons. "Untuk langkah awal kami memberikan bantuan untuk akomodasi selama pengobatan ke Bandung," ujarnya.

Tak sampai di situ, pihaknya juga memberikan bantuan berupa buku dan alat tulis untuk Yusuf karena sudah masuk usia sekolah. "Yusuf ini masih dibujuk agar mau sekolah. Karena merasa malu dengan kondisinya. Terlebih, karena kondisinya itu Yusuf tak bisa menggunakan sepatu," ucap Rika.

Yang memprihatinkan, tenyata ayah Yusuf menderita rabun senja sehingga membatasinya dalam bekerja. Ayah Yusuf saat ini bekerja sebagai buruh serabutan. "Di sisi lain, yang membuat kami terharu, orang tua Yusuf juga mengasuh anak yatim piatu bernama Salma Aminah (11)," kata Rika.

Khusus untuk Salma, kata Rika, selain diberikan buku dan alat tulis, pihaknya juga menawarkan sekolah gratis tingkat SMP hingga SMA. "Saat ini Salma duduk di bangku kelas 6 SD. Mudah-mudahan tawaran kami mau diterima Salma," ujarnya.

Rika berharap semoga bantuan yang disalurkan Baznas Purwakarta dapat bermanfaat untuk Yusuf dan Salma. "Kami haturkan terima kasih kepada para muzakki dan donatur yang telah menunaikan zakat dan sedekahnya melalui Baznas Purwakarta sehingga dapat memberikan manfaat secara lebih luas untuk umat," ucap Rika.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua