Daerah

MPP Bale Madukara Purwakarta Buka Layanan Pegadaian, Kerja Sama dengan Taspen dan Bank Mandiri

DPMPTSP Purwakarta
Kepala DPMPTSP Purwakarta Hariman Budi Anggoro menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kepala Cabang Pegadaian Purwakarta Firman Ferdiansyah disaksikan Sekda Purwakarta Norman Nugraha.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Mal Pelayanan Publik atau MPP Bale Madukara Kabupaten Purwakarta membuka layanan baru berkerja sama dengan PT Pegadaian.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purwakarta Hariman Budi Anggoro dengan Kepala Pegadaian Cabang Purwakarta Firman Ferdiansyah di MPP Bale Madukara, Rabu (15/1).

Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha.

"Selain MoU dengan Pegadaian kami juga melakukan penandatanganan adendum perjanjian kerja sama dengan Taspen dan Bank Mandiri," kata Hariman kepada wartawan.

Hariman mengatakan, MPP Bale Madukara akan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang cepat, mudah dan transparan.

"Adanya MPP ini merupakan terobosan pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan publik yang cepat kepada masyarakat," ujar Hariman.

Saat ini kata Hariman, ada 36 tenant dan 565 layanan yang ada di MPP Bale Madukara. Layanan tersebut mulai dari layanan yang berasal dari perangkat daerah Pemkab Purwakarta, perangkat daerah Provinsi Jawa Barat, hingga instansi vertikal serta perbankan.

Tidak hanya itu, pihak DPMPTSP Purwakarta saat ini juga memiliki Teras Madukara di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta, yakni di Kecamatan Jatiluhur, Plered, Maniis, Campaka dan Wanayasa.

"Kehadiran Teras Madukara untuk semakin mendekatkan pelayanan, sebab kami mempunyai tanggung jawab memberikan pelayanan kepada masyarakat sedekat mungkin," ucap Hariman.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha menyampaikan apresiasinya kepada jajaran DPMPTSP Purwakarta selaku perangkat daerah yang menaungi MPP Bale Madukara.

Pasalnya, layanan di MPP Bale Madukara terus bertambah dan tentunya akan mempermudahkan masyarakat di Kabupaten Purwakarta.

"Saat ini sudah ada 565 layanan di MPP Bale Madukara. Ini sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses layanan publik yang cepat," kata Norman.

Norman menjelaskan, perjanjian kerja sama untuk mendirikan tenan di MPP Bale Madukara tidak hanya untuk instansi pemerintah, tapi terbuka lebar untuk pihak lainnya seperti layanan perbankan.

"Saya berharap perjanjian kerja sama yang hari ini ditandatangani bisa terus berlanjut dan ini bentuk kolaborasi yang sangat baik," ujar Norman Nugraha.

Untuk diketahui, MPP Bale Madukara Kabupaten Purwakarta dinobatkan sebagai MPP dengan kinerja prima di Indonesia.

MPP Bale Madukara Purwakarta dinobatkan memiliki kinerja prima berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik 2024.

Dalam surat tertanggal 31 Desember 2024 yang ditandatangani langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Rini Widyantini tersebut dari 175 MPP seluruh Indonesia, ada 20 MPP meraih predikat prima, salah satunya MPP Bale Madukara Purwakarta.

Selain itu, hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah daerah tahun 2024 oleh Ombudsman RI, DPMPTSP Kabupaten Purwakarta mendapatkan nilai 95,76 dengan opini kualitas tertinggi.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua