Daerah

Kades Sukareja Akan Prioritaskan Program Pertanian

DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES Kepala Desa Sukareja Dartim

SUBANG-Kepala Desa Sukareja Dartim yang akrab disapa Dedet kembali menjabat untuk kedua kalinya periode 2024-2030. Sejumlah program pun telah disiapkan.

Saat  periode pertama, Dedet telah banyak bekerja dan hasilnya bisa dilihat dan digunakan. Banyak jalan dan gang lingkungan kampung sudah dicor beton, ruas jalan kabupaten pun sudah banyak yang dibangun juga.

"Kalau jalan lingkungan sudah banyak yang kita bangun, dan yang belum tersentuh tahun ini akan kita lanjutkan," katanya.

Selanjutnya, Dedet menyampaikan bahwa, di periode kedua ini, pihaknya akan memprioritaskan bidang pertanian. Salah satunya adalah program jalan usaha tani (JUT) yang mendukung program produksi pertanian di Desa Sukareja ini.

Selain itu program peningkatan hasil produksi pertanian juga harus didukung. Petani dan kelompok tani di Sukareja masih membutuhkan alsintan yang memadai, contohnya saja mesin Combine untuk masa panen.

Fasilitas fisik pendukung lainnya yaitu, irigasi sekunder dan tersier. Menurutnya, bahwa sistem irigasi yang baik dapat mengalirkan air ke petak petak sawah petani tanpa hambatan, dimana pasokan air yang cukup diimbangi oleh irigasi yang bagus.

Program kerja lainnya yaitu soal penataan kantor desa dan GOR desa. Membutuhkan anggaran yang besar, dimana anggaran DD tidak akan bisa mengkaper pembangunan GOR tersebut.

"Kita juga ingin merombak kantor desa dan GOR, kalau bisa kita upayakan ada anggaran DAK dari Kemendes atau Kemenpora," tukasnya.(dan/ysp)

Berita Terkait