Daerah

Pengawas TPS Kawal Pemungutan dan Penghitungan Suara, Pastikan Pemilu Berjalan Lancar

DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES WAWANCARA: Komisioner Panwaslu Kecamatan Cipunagara saat melaksanakan tes wawanara bagi calon PTPS yang akan bertugas di 192 TPS seKecamatan Cipunagara, Selasa (16/1).

SUBANG-Panwaslu Kecamatan Cipunagara melakulan tes wawancara bagi calon Pengawas TPS (PTPS) di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Cipunagara, Selasa (16/1).

Ketua Panwaslu Kecamatan Cipunagara Tatang Hermansyah menyampaikan, kebutuhan PTPS di wilayah Kecamatan  Cipunagara sebanyak 192 orang. Dari jumlah pendaftar tidak kurang dari 200 orang.

"Kebutuhannya ada 192 PTPS, makanya kita tes wawancara mengukur pengetahuan seputar pemilu, pelanggaran pemilu serta integritas nya," kata Tatang.

Menurutnya, PTPS ini nantinya akan sangat membantu proses dan tahapan pemilu khususnya di tingkat lingkungan TPS bersangkutan. Sebab proses pemungutan dan saat penghitungan suara, PTPS akan mengawasi dengan maksimal hingga selesai dan mengawal kotak suara ke PPS atau PPK.

Selain itu, pada masa tenang PTPS juga akan ikut membantu pembersihan APK dan tanda gambar caleg peserta  pemilu dan pilpres di lingkungan TPS bersangkutan.

"Nanti itu kan ada masa tenang, semuanya harus  bersih dari tanda gambar dan APK peserta pemilu,  PTPS kita libatkan membersihkan tanda gambar pemilu di lingkungan TPS lokasi PTPS bertugas," tambahnya.

Pihaknya mengharapkan dengan PTPS ini akan ikut mengawal dan mensukseskan  penyelenggaraan pemilu 2024 ini, sehingga pemilu berjalan dengan jujur, adil, langsung, bebas dan adil.(dan/ysp)

Tag :

Berita Terkait