Daerah

Musda Ke-IX, LDII Usung 8 Program Kebangsaan

DPD LDII Kabupaten Subang
DPD LDII Kabupaten Subang menggelar musyawarah daerah ke-IX yang bertepatan di Gedung Baitul Huda Manshurin Kecamatan Cisaga, Rabu (28/8).(Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Dewan perwakilan daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Subang menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-IX yang bertepatan di Gedung Baitul Huda Manshurin Kecamatan Cisaga, Rabu (28/8). 
Acara yang di hadiri oleh Pj. Bupati Subang yang mewakili, Ketua DPD LDII Kabupaten Subang, Ketua DPW LDII Jawa Barat, Ketua DPD LDII Indramayu, Ketua DPD LDII Sumedang, Ketua DPD LDII Majalengka, Ketua DPD LDII Purwakarta, puluhan peserta dari berbagai wilayah, FKUB, Kapolsek Cibogo, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, serta para tamu undangan lainnya. 
Musyawarah Musda IX mengangkat tema 'melalui kontribusi LDII yang berkelanjutan kita tingkatkan harmonisasi kehidupan beragama dengan rukun dan kompak menuju Subang ngahiji'. Acara dimeriahkan oleh penampilan seni persinas ASAD, penyerahan cenderamata, dan hibah ruang tidur pesantren dari pemerintah Kabupaten Subang. 

Dalam sambutannya Ketua DPD LDII Kabupaten Subang H. Kusnanto S. Pd, menyampaikan bahwa kehadiran ini sangat ditunggu-tunggu dalam rangka mengikuti acara pembukaan musda dan akan menerima arahan-arahan dari Pj. Bupati Subang yang mewakili serta sekaligus membuka prosesi acara ini. 

Ia mengucapkan selamat hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-79, mudah-mudahan menjadi negara yang maju, masyarakat yang adil dan makmur. "Melalui tema yang diangkat ini, LDII akan melakukan pengaruh organisasi yang lebih kuat dan lebih bergairah, sarang nya itu dengan memperkuat nasehat-nasehat yang profesional dan religius kepada seluruh jajaran organisasi kelak," ungkapnya. 

"Sehingga kontribusi LDII kepada pemerintah dapat meningkat secara signifikan, melalui SDM yang profesional dan religius itulah kami berharap penanganan-penanganan terhadap 8 program. Dalam kerja keras LDII selama ini telah diproduksikan daftar pembangunan bangsa dapat dikelola secara lebih konsisten dan konseptual," lanjut ketua LDII dalam sambutannya. 

Kemudian dilanjut oleh Ketua DPW LDII Jawa Barat S.K.G., H. Diky Harun Spesialis Ort, mengatakan dalam 8 program unggulan LDII ini adalah unggulnya yang pertama itu kebangsaan, yang kedua itu pendidikan keagamaan, pendidikan umum, pelatihan, dan kesehatan. "4 program pertama ini disebut dengan mempersiapkan sumber daya manusia kita siapkan, kebangsaan nya harus kuat dan harus punya citra terhadap tanah air serta punya jiwa nasionalisme yang tinggi, kemudian keagamaan yang harus kuat dengan pendidikan yang tinggi," ucapnya. 
Ia menjelaskan, program selanjutnya ada ekonomi syariah, digital, energi kodrat perbankan, serta lingkungan hidup tangan dan ekonomi hidup. 

Diky berpesan LDII yang sudah berusia 45 tahun ini, insyaallah sudah lengkap ada 12 bidang di DPD, ada keagamaan, pendidikan umum, pelatihan, ada juga Okaka, Pramuka, olah raga serta seni budaya. Kegiatan itu dapat dikorelasikan kegiatan yang ada di pemerintah Kabupaten Subang. 

Selanjutnya sambutan Pj. Bupati Subang yang diwakili oleh Kabag Kesra Kabupaten Subang Saeful Arifin M. Si, menyampaikan arahan dari bapak Bupati Subang itu sesuai hasil audiensi. 

Dia menyampaikan, Pj. Bupati Subang sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada LDII, dalam 8 program yang ada di LDII ini mudah-mudahan dapat menjadikan subang lebih maju. "Dengan mengucapkan bismillah musyawarah daerah ke-9 LDII Kabupaten Subang ini saya nyatakan dibuka," ujarnya.

Acara musyawarah LDII ke-9 ini diisi dengan dua pembekalan  materi, dilanjutkan dengan empat sidang serta pengumuman sidang formatur yang diakhiri upacara penutup.(znl/sep) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua