Daerah

Hari Bakti AU, Danlanud Suryadarma Subang: Keikhlasan untuk Mengabdi Kepada Masyarakat

Danlanud Suryadarma Subang
Danlanud Suryadarma Kalijati Subang saat meninjau anggota yang sedang donor darah dalam rangka Hari Bakti Sosial ke-77 Angkatan Udara.(Cindy Desita Putri/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Dalam rangka memperingati Hari Bakti Angkatan Udara (AU) ke-77, Lanud Suryadarma menggelar serangkaian kegiatan bakti sosial di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Hoediyono, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang. 

Kegiatan ini menjadi bukti nyata perjuangan dan pengorbanan yang tak terbatas dari para pendahulu Angkatan Udara. Peringatan Hari Bakti ini merupakan penghormatan atas pengabdian dan pengorbanan para pahlawan Angkatan Udara pada tahun 1947. 

Komandan Lanud (Danlanud) Suryadarma Kalijati, Marsekal Pertama TNI Sapuan, menyampaikan bahwa pada masa itu, para pahlawan memperjuangkan penyerangan terhadap tiga titik wilayah Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. 

Dengan peralatan dan pesawat yang terbatas, semangat untuk berbakti dan mempertahankan kedaulatan bangsa tetap berkobar. "Tema Hari Bakti tahun ini menitikberatkan pada keikhlasan untuk mengabdi kepada masyarakat Indonesia," ujar Marsekal Pertama TNI Sapuan.

Rangkaian kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan meliputi donor darah dengan target 200 peserta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). 

Selain itu, Danlanud mengatakan, pada hari sebelumnya, telah dilaksanakan operasi katarak bagi 122 pasien dari wilayah sekitar Lanud Kecamatan Kalijati. "Fokus Hari Bakti ini adalah membantu masyarakat yang membutuhkan di wilayah Subang. Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Babin Potdirga, masih banyak masyarakat yang memerlukan bantuan dalam bidang kesehatan," terangnya.

Dengan semangat pengabdian yang tinggi, dia berharap kegiatan bakti sosial ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan meneruskan semangat perjuangan para pahlawan Angkatan Udara.(cdp/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua