Daerah

Eko Sebut Serius Maju Nyalon Bupati Subang

Bupati Subang
IST NIAT NYALON: Agus Eko Muchamad Solihin serius ingin mencalonkan diri sebagai calon bupati Subang.

SUBANG-Satu lagi bakal calon Bupati Kabupaten Subang, datang. Bak kuda hitam, Agus Eko Muchamad Solihin alias Gus Eko, muncul dari calon perseorangan.

Kabar munculnya bakal calon bupati dari perseorangan, mulai tersebar di grup-grup sosial media, menjelang akhir pleno penetapan hasil pemilu oleh KPU Subang, Jum'at (8/3/2024).

Ada pro kontra atas munculnya bakal calon tersebut. Bahkan, dari diksi yang ditulis oleh anggota grup, sebagian ada yang tidak percaya, jika Gus Eko maju dari calon perseorangan.

"Aslina ieu téh? (Ini asli?)" tanya Rudi, salah seorang anggota grup sosial media.

Salah seorang pengamat politik yang juga seniman, Raka AB, kepada para wartawan, Minggu (10/3/2024) mengatakan, banyak faktor yang melatar belakangi kurang yakinnya publik, atas munculnya nama Gus Eko sebagai bakal calon perseorangan.

"Salah satu diantaranya, karena yang bersangkutan adalah kader partai, bahkan pada pemilu kemarin mencalonkan diri sebagai anggota legislatif," ujar Raka.

Hal lainnya, menurut Raka, sosok Gus Eko tersebut, kadang sering membuat sensasi yang nyeleneh, dan terkadang di luar kebiasaan atau kelaziman. 

"Ya, ini buktinya, kalah di Pileg, nyalon jadi bupati, kan di luar kelaziman," jelas Raka.

Namun, tambah Raka, para bakal calon bupati yang ada saat ini, jangan menganggap kecil langkah yang dilakukan Gus Eko. Sebab, menurut Raka, jaringan yang dimiliki oleh Gus Eko di Kabupaten Subang, tidak kecil.

"Yang saya khawatirkan, dia jadi serius nyalon bupati. Ini akan merubah konstelasi yang ada," ucap Raka.

Menurut Raka, ke khawatirannya bukan tanpa alasan. Jumlah 280 suara di daerah pemilihan Subang 7, merupakan salahsatu bukti dia memiliki jaringan di tingkat grassroot.

"Tanpa mengeluarkan banyak biaya, dia masih bisa punya suara, dan suara-suara ini, dia miliki di seluruh kecamatan di Kabupaten Subang," jelas Raka.

Jadi, menurut Raka, sangat mungkin, jika Gus Eko dijadikan Kuda hitam dalam perhelatan Pilkada di Kabupaten Subang. "Kita lihat saja," tegas Raka.

Sementara itu, Eko menyebut, bahwa dirinya serius ingin mencalonkan diri sebagai calon bupati Subang. Dia akan mencalonkan diri dari jalur perseorangan. Eko mengaku telah mendapatkan dukungan dari warga dengan bukti pengumpulan KTP.(ysp)

 

Berita Terkait