Daerah

Baznas Purwakarta Raih WTP 9 Kali Berturut-turut, Targetkan Raih Predikat A Audit Syariah

ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES TRIPLE HATTRICK: Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta mencetak triple hattrick dengan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian yang kesembilan kalinya berturut-turut.

PURWAKARTA-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta mencetak triple hattrick dengan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kesembilan kalinya berturut-turut. Hal ini berdasarkan laporan audit independen yang dilakukan Kantor Akuntan Publik (KAP) Moch. Zainuddin, Sukmadi & Rekan. KAP asal Bandung ini juga telah melaporkan audit tersebut ke Kementerian Keuangan dengan nomor register 00001/0.2960/AU.4/11/1339-3/1/1/2024.

Ketua Baznas Kabupaten Purwakarta Rika Ristiawati menyebutkan, pihaknya memulai proses untuk diaudit tiga bulan sebelum masa tutup buku. "Jadi, sejak November 2023 kami sudah mulai mencicil laporan keuangan untuk diaudit," kata Rika kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (23/1).

Disebutkannya, pihaknya mengirimkan laporan keuangan beserta bukti-bukti transaksi dan lain sebagainya. "Laporan beserta bukti-bukti tersebut kemudian diproses oleh KAP hingga pada 7 Januari 2024 proses audit selesai," ujarnya.

Dirinya pun mengaku bersyukur proses audit sudah selesai dan sudah keluar opininya. Yakni, wajar dalam segala bentuk hal yang bersifat material atau WTP. "Nomor register ke Kementerian Keuangan pun kami mendapatkan nomor satu. Artinya, dintahun ini kami lembaga pertama di Indonesia yang telah diaudit dan keluar opininya," ucap Rika.

Ke depan, pihaknya akan membuat SK tentang kebijakan pengelolaan aset sesuai dengan SOP dari Baznas RI. "Kami juga akan memulai proses audit syariah. Insyaallah kami sudah siap diaudit secara syariah. Audit ini lebih menyoroti sesuai tidaknya dengan syariat Islam," katanya.

Di antaranya, lanjut dia, dalam penghimpunan, pendistribusian maupun pengelolaan administrasi. Misalkan, kenapa ini harus didistribusikan menggunakan dana fisabilillah. "Alasannya apa, dasar hukumnya apa, apakah ada fatwa MUI atau undang-undangnya. Sesuai dengan ayat Alquran dan lain sebagainya. Semuanya detail," ujar Rika.

Rika mengungkapkan, tahun sebelumnya Baznas Purwakarta mendapatkan predikat A untuk audit syariah. "Insyaallah pada tahun ini pun kami menargetkan predikat A," ucap Rika.(add/sep)

Berita Terkait