Daerah

Siswa-siswi SLBN Subang Dikenalkan Kesenian Kentongan, Lestarikan Budaya Lokal

SLBN Subang
SLBN Subang meluncurkan program baru literasi budaya dengan menggelar kesenian pukul kentongan yang bertepatan di halaman sekolah, Kamis (29/8).(Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Subang meluncurkan program baru literasi budaya dengan menggelar kesenian pukul kentongan yang bertepatan di halaman sekolah, Kamis (29/8). 

Program ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal kepada siswa-siswa berkebutuhan khusus, sekaligus memberikan mereka kesempatan untuk mengekspresikan diri melalui berbagai kegiatan seni. "Kesenian pukul kentongan salah satu program baru, mulai dari pelatihan tersebut mengingat kemampuan disabilitas yang memiliki kemampuan hanya memainkan alat musik pukul yang ringan saja," ujar guru kesiswaan, Engkay Karweti. 

Ia menyatakan, bahwa program ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan literasi budaya di kalangan siswa sekaligus memperkaya pengalaman belajar mereka. "Kami ingin siswa-siswa di SLB Negeri Subang tidak hanya belajar akademik, tetapi juga memahami dan mencintai budaya mereka sendiri. Pukul kentongan adalah salah satu cara kami untuk mengenalkan mereka pada kekayaan budaya lokal," ucapnya.

Sementara itu kentongan adalah alat komunikasi legenda di tatar sunda, yang mempunyai jenis-jenis pukulan yang bermakna, ada yang bersifat panggilan untuk warga dan ada juga untuk penanda waktu di malam hari.

Ia menambahkan, alat kesenian yang hampir punah ini yang diterpa modernisasi bidang komunikasi itu, SLBN Subang akan menjadikannya sebagai alat musik legenda yang dimainkan oleh warga sekolah khususnya siswa-siswi. Sementara pertemuan siswa-siswi baru 2 kali dalam bermain alat kesenian pukul kentongan. 

"Harapan kami dari sekolah dapat terpikir sama dengan yang lain, yaitu anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di SLBN Subang bisa bahagia dan mengenal budaya Sunda, dimana tempat saat ini mereka berada," pungkasnya.(znl/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua