Daerah

Baznas Purwakarta Raih Baznas Jabar Award 2024

Baznas Purwakarta
Ketua Baznas Purwakarta Rika Ristiawati saat menerima penghargaan Baznas Jawa Barat Award 2024 Kategori Laporan Keuangan Terbaik.(Adam Sumarto/PAsundan Ekspres)

PURWAKARTA-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Purwakarta kembali mendapat penghargaan pada ajang Baznas Jawa Barat Award 2024 yang berlangsung di Grand Sunshine Resort and Convention, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (10/7).

Penghargaan yang diraih Baznas Purwakarta tersebut pada kategori Laporan Keuangan Terbaik. Tak hanya itu, pada ajang itu pula Baznas Purwakarta masuk Nominator Peningkatan Jumlah Muzakki Terbaik.

Dikonfirmasi terkait penghargaan tersebut, Ketua Baznas Purwakarta Rika Ristiawati mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang selalu mendukung Baznas Purwakarta.

"Alhamdulillah, ini merupakan penghargaan Baznas Jawa Barat Award kedua kalinya berturut-turut. Tahun lalu kami menjadi pemenang kategori Laporan Audit Tercepat," kata Rika kepada Pasundan Ekspres di Gedung Dakwah, Kamis (11/7).

Dijelaskan Rika, penghargaan tersebut berhasil diraih Baznas Purwakarta karena telah memenuhi beberapa kriteria. Di antaranya, laporan keuangan sudah sesuai Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 yang disempurnakan menjadi PSAK 409.

"Kami juga telah melakukan audit tepat waktu dan membuat laporan keuangan setiap bulannya yang juga tepat waktu," ujar Rika menjelaskan.

Yang tak disangka, sambungnya, Baznas Purwakarta masuk sebagai nominator kategori Peningkatan Jumlah Muzakki Terbaik. "Ini menjadi gambaran kinerja tim yang semakin baik," ucap Rika.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, secara keseluruhan ada 19 penghargaan yang diserahkan pada Baznas Jawa Barat Award 2024 itu. 

Penyerahan penghargaan disaksikan langsung oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad dan Ketua Baznas Jawa Barat K.H. Anang Jauharuddin.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, para muzakki dan seluruh Tim Baznas Kabupaten Purwakarta. Penghargaan ini memotivasi kami untuk berkinerja lebih baik lagi," kata Rika.

Dirinya pun berharap, perhatian Pemkab Purwakarta, terutama untuk operasional Baznas bisa ditingkatkan. 

"Saat ini kami memiliki program inovasi khas Baznas Purwakarta, yakni pemberdayaan UMKM dan program intervensi Pangan Olahan untuk Keperluan Medis Khusus (PKMK). Mudah-mudahan bisa masuk nominasi pada Baznas Jawa Barat Award tahun depan," ujarnya.

Sementara itu, ucapan selamat kepada Baznas Purwakarta atas penghargaan Baznas Jawa Barat Award 2024 terus mengalir. Di antaranya dari Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan dan Sekda Purwakarta Norman Nugraha.

Keduanya kompak mengucapkan selamat yang disampaikan melalui akun Instagram resmi @prkompimpurwkarata.(add/ded)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua