Daerah

Kecelakaan Maut Kembali Terjadi di Tol Cipularang Km 91B, Sopir Truk Tewas di TKP

Tol Cipularang
Kondisi kendaraan truk yang mengalami laka di Tol Cipularang Km 91B tampak rusak parah terparkir di pool derek Jatiluhur.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Kecelakaan maut melibatkan dua truk terjadi di Ruas Jalan Tol Cipularang Km 91B, tepatnya di wilayah Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Rabu (2/10) dini hari. 

Kecelakaan tersebut mengakibatkan seorang pengemudi meninggal dunia di lokasi kejadian. Sementara, seorang kernet mengalami luka-luka.

Berdasarkan pengakuan kernet truk kontainer yang selamat, Ahmad Wahyudi (24) menyebutkan, kendaraan yang ditumpanginya melaju dari wilayah Bandung, hendak mengantar barang ke wilayah Banten. 

Ia mengaku keluar dari pabrik sekitar pukul 20.00 WIB. Namun, lanjut dia, kendaraan diduga mengalami kerusakan dalam sistem pengereman sehingga sang sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya.

"Ya serba bingung, di jalan banyak mobil, rem ada masalah pas di turunan, ada perbaikan juga, jadi terjadi kecelakaan itu," kata Ahmad kepada wartawan di Ruang IGD RS Abdul Radjak Purwakarta.

Ahmad menyebutkan, jika dirinya dan sang sopir dalam kondisi prima dan sudah sering melintas di jalur Tol Cipularang. "Engga ngantuk. Kami sama-sama fit, kemarin juga sudah lewat sini," ujarnya.

Terpisah, Kanit PJR Tol Cipularang, Iptu Lutfi Medi Haryanto mengatakan, kedua kendaraan tengah melaju di arah dan jalur yang sama, dan diduga kecelakaan akibat kelalaian.

"Kedua kendaraan datang dari Bandung menuju Jakarta, dan berada di lajur yang sama, yakni lajur satu," ucap Lutfi di Kantor PJR Tol Cipularang, Exit Tol GT Jatiluhur.

Setiba di TKP, lanjutnya, truk kontainer hilang kendali di jalur yang menurun. "Hingga menabrak bagian belakang truk tronton dengan nomor polisi Z 9112 HQ yang ada di depannya," kata Lutfi melanjutkan.

Pantauan di pool derek Jatiluhur Purwakarta, tampak truk kontainer mengalami kerusakan parah di bagian depan dampak dari tabrakan tersebut.

Diketahui pula truk kontainer tersebut sedang membawa muatan tekstil yang hendak diekspor. Terlihat segel Bea Cukai di bagian belakang truk kontainer tersebut.

Lutfi menyebutkan, korban tewas adalah pengemudi truk kontainer bernama Ujang (23) warga Desa Nyompok, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Banten.

Adapun korban luka kernet bernama Ahmad Wahyudi (24) warga Desa Nyompok, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Banten. 

"Korban tewas sudah berada di kamar jenazah rumah sakit dan korban luka mendapatkan penanganan medis lebih lanjut di IGD. Kasus kecelakaan ini dalam penanganan unit laka lantas Polres Purwakarta," ujar Lutfi.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua