Daerah

BPJamsostek Purwakarta Lindungi 714 Siswa Nepur dan 480 SMKN 1 Plered Peserta PKL

BPJamsostek Purwakarta
Penyerahan kartu kepesertaan BPJamsostek yang dilakukan secara simbolis kepeada para siswa peserta PKL.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Kantor Cabang Purwakarta menunjukkan komitmennya dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat pekerja, tak terkecuali bagi pelajar SMK yang hendak melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL).

Teranyar, BPJamsostek Purwakarta memberikan perlindungan kepada 714 siswa PKL SMKN 1 Purwakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Nepur. Tak hanya itu, BPJamsostek Purwakarta juga melindungi 480 siswa PKL SMKN 1 Plered.

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Purwakarta Wira Sirait mengatakan, seluruh siswa peserta PKL, baik dari SMK Nepur maupun SMKN 1 Plered, dipastikan telindungi program BPJamsostek selama masa PKL, yakni selama empat sampai dengan enam bulan ke depan.

"Perlindungan bagi siswa PKL ini sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 5 Tahun 2021 yang mewajibkan mahasiswa dan pelajar magang atau PKL menjadi peserta BPJamsostek untuk mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian," kata Wira kepada wartawan, Selasa (2/7).

Dengan dua program perlindungan JKK dan JKm yang iurannya hanya Rp16.800 per bulan ini, bila siswa PKL mengalami kecelakaan kerja mulai dari berangkat, di tempat PKL hingga kembali pulang, maka seluruh biaya pengobatan rumah sakit ditanggung penuh BPJamsostek.

"Pun halnya bila meninggal dunia, kalau pun bukan karena kecelakaan kerja, ahli warisnya tetap mendapatkan santunan sebesar Rp42 juta,” ujar Wira.

Dirinya pun berharap seluruh sekolah yang mempunyai program PKL atau magang agar mendaftarkan para siswanya ke dalam program BPJamsostek. "Ini sudah menjadi hak para siswa yang harus dipenuhi," ucapnya.

Untuk diketahui, penyerahan secara simbolis kepesertaan BPJamsostek di SMK Nepur dilakukan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri dan Masyarakat (Hubinmas) Ludi Islahudin kepada perwakilan siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan Muhammad Muksin Al Marjuki dan Cindy Rahmayanti siswa jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.

Sementara di SMKN 1 Plered penyerahan kepesertaan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubinmas Deni Sukmana kepada dua orang perwakilan siswa, yakni Bagus Purwa Dinata dan Siti Reysa Nurahmadani.(add/ded)

Berita Terkait