Daerah

Pemdes Mekarwangi Tingkatkan Kualitas Jalan Lingkungan

Pemdes Mekarwangi
DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES INFRASTRUKTUR: Pemdes Mekarwangi Kecamatan Pagaden Barat saat merealisasikan pembangunan jalan cor beton di Dusun Parungbeusi.

SUBANG-Pembangunan infrastruktur di pedesaan terus berlanjut seiring kucuran anggaran yang turun ke desa.

Kali ini Pemdes Mekarwangi Kecamatan Pagaden membangun jalan cor beton di Dusun Parungbeusi sebuah dusun terluar dan terjauh dari pusat Pemerintahan Desa Mekarwangi.

Kepala Desa Mekarwangi H Edi Rohedi menyampaikan, alokasi dana desa tahap 1 tahun 2024 ini direalisasikan untuk membangun jalan cor beton di dusun Parungbeusi yang jauh dari jangkauan pusat desa.

Dusun itu terletak di sisi utara Desa Mekarwangi dan berbatasan langsung dengan Desa Sumbersari Kecamatan Pagaden.

"Tahun lalu kita sudah buat jalan cor beton, tahun ini kita lanjutkan kembali," kata H. Edi Rohedi.

Warga Dusun Parungbeusi pun merasa bangga kini kondisi jalan di perkampungannya bagus kuat dan kokoh. Karena dusun itu sangat berdekatan dengan area pesawahan yang bila musim.panen tiba dilintasi oleh angkutan hasil panen.

"Jalan di sini sudah diaspal, tapi kondisinya sudah rusak dan berlubang. Makanya kita usulkan untuk dicor dan tahun ini terealisasikan;" ujar Gugun Kadus Parungbeusi.

Pembangunan jalan cor beton di Dusun Parungbeusi itu berjumlah 4 titik lokasi pengecoran ditambah 1 titik lagi di Kampung Rawapendil. Total pekerjaan jalan cor beton sebanyak 5 titik. 

Dengan  rincian, cor beton jalan desa Kampung Parungbeusi RT 12/06 panjang 120 meter lebar 4 meter tinggi 10 sentimeter, cor beton jalan lingkungan Kampung Parungbeusi RT 12/06 panjang 150 meter lebar 3 meter tinggi 10 sentimeter, cor beton jalan pertanian Kampung Parung Beusi RT12/06 Panjang 127 meter lebar 3 meter tinggi 10 sentimeter, pengerasan jalan pertanian Blok Rawa Pendil Panjang 350 meter lebar 3 meter tinggi 15 sentimeter. Dengan Jumlah pagu anggaran Rp264.590.000 Sumber dana DD salur 1 dan 2 TA 2024.

Dengan pemerataan pembangunan infrastruktur jalan di setiap dusun dan kampung itu, membuat potret Desa Mekarwangi semakin bagus dari segi bangunan fisik atau infrastruktur. Masyarakat pun bisa menilai kinerja pemdes Mekarwangi dari tahun ke tahun.(dan/ysp)

 

Berita Terkait