Daerah

PLN Dukung Ekosistem Penggunaan Kendaraan Listrik, Bangun SPKLU di Purwakarta dan Subang

ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES SPKLU: PLN Purwakarta menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa titik lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat

PURWAKARTA-Dalam mendukung pengguna Kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV), Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Purwakarta menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa titik lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Yaitu, di Rest Area 88A, Rest Area 88B, Rest Area 97, Rest Area 101B, Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Purwakarta dan Kantor Unit Layanan Pelayanan Pelanggan (ULP) PLN Subang.

Manajer PLN UP3 Purwakarta Bapak Joy Mart S Sihaloho menyampaikan, minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat. Pengisian kendaraan listrik di SPKLU wilayah PLN UP3 Purwakarta pun meningkat dari waktu ke waktu. "Jumlah kendaraan listrik yang menggunakan SPKLU di kantor kami semakin meningkat, yang tadinya kisaran 5-6 penggunaan SPKLU bulan ini sudah mencapai 10-15 pengguna SPKLU," kata Joy kepada wartawan, Ahad (4/2). 

Tak hanya itu, sambungnya, animo masyarakat Purwakarta menggunakan kendaraan listrik pun semakin meningkat "Untuk itu, kami terus berupaya meningkatkan jumlah unit SPKLU di wilayah Purwakarta," ujar Joy.

Untuk diketahui, Electric Vehicle atau disingkat EV adalah kendaraan yang menggunakan satu atau lebih motor listrik untuk menggerakkan atau membantu gerakan mesin. Kendaraan ini dioperasikan dengan menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau dihasilkan secara eksternal (misalnya, melalui pengisian daya listrik). 

EV sendiri merupakan kendaraan yang menggunakan aliran listrik 100 persen dengan menggunakan baterai elektrik yang perlu diisi ulang. Kendaraan listrik memiliki beberapa manfaat, antara lain ramah lingkungan, efisiensi energi, biaya operasional rendah, suara rendah, inovasi teknologi dan pemulihan energi. 

Salah satu pengguna mobil listrik Ari menyampaikan terima kasihnya karena SPKLU ada di kantor PLN Purwakarta yang lokasinya di tengah kota. Sehingga, mudah dijangkau apabila membutuhkan SPKLU untuk pengisian mobil listrik. "Dengan adanya SPKLU di kantor PLN Purwakarta, memudahkan saya untuk mengisi atau charge mobil karena lokasi kantornya di tengah kota. Harapan saya PLN Purwakarta bisa menambah lagi unit SPKLU nya," ucap Ari

Terpisah, General Manager PLN UID Jabar Susiana Mutia menyampaikan, PLN berkomitmen mendukung pertumbuhan ekositem kendaraan dengan berbagai strategi. "Yakni, mulai dari penggunaan kendaraan listrik untuk operasional, penyediaan fasilitas stasiun pengisian daya, penyediaan layanan digital EV Charging," kata Susiana.(add/sep)

 

Berita Terkait