Daerah

Prioritaskan Infrastruktur Jalan Poros Desa dan Kecamatan

DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES RAPAT: Camat Pagaden Muhamad Rudi saat memimpin rapat minggon kecamatan yang dihadiri oleh para kades dan kepala UPTD di lingkungan Pemcam Pagaden.

SUBANG-Pembangunan infrastruktur dalam sebuah wilayah harus terus berkelanjutan. Kondisi infrastruktur terutama jalan dan jembatan yang bagus akan menunjang roda ekonomi masyarakat, khususnya pedesaan.

Terkait kondisi infrastruktur, Camat Pagaden Muhamad Rudi menyampaikan bahwa program pembangunan fisik maupun non fisik selalu dibahas pada musrenbang setiap tahunnya. 

Usulan musrenbang tahun 2023 untuk 2024 yang disetujui oleh dinas terkait, saat ini belum muncul. Artinya usulannya sudah, tapi kegiatannya belum muncul dan biasanya akan diumumkan sebelum Musrenbang kecamatan  tahun 2024 ini, termasuk besaran anggarannya.

"Kalau soal usulannya, kita tetap prioritaskan untuk kegiatan pembangunan jalan kabupaten dan jalan poros desa atau poros kecamatan," katanya.

Oleh karena itu, dalam setiap minggon kecamatan, banyak sekali yang dibahasnya, selain bidang fisik juga ada bidang sosbud dan ekonomi.

Pihaknya juga menekankan kepada kades yang baru bertugas, agar menyiapkan dan menginventarisisir usulan yang sudah direncanakan tahun 2023 lalu, yang nanti akan direalisasikan tahun 2024 ini. Juga menyiapkan usulan program untuk tahun 2025 nanti.

"Biasanya kan awal tahun bulan Januari atau Februari ada musrenbang, jadi semua usulan harus disusun," tambahnya.

Diketahui masih ada jalan-jalan yang perlu diperbaiki. Tahun ini diprediksi akan masuk dalam draft rencana pembangunan kabupaten oleh BP4D.(dan/ysp)

Berita Terkait