Daerah

Mengenal Fagor, Forum Perwakilan Anak-anak Subang

MUHAMMAD FAISHAL/PASUNDAN EKSPRES PROGRAM: Fagor sedang melakukan kegiatan One Sight di salah satu sekolah di Subang.

SUBANG-Forum Anak Gotong Royong (Fagor) adalah organisasi anak di bawah naungan DP2KBP3A yang menjadi Pelopor dan Pelapor (2P) serta Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP). 

Ketua Fagor Sri Sakinah mengatakan, forum tersebut merupakan perwakilan dari anak-anak di Kabupaten Subang. 

"Kami Fagor sebagai representatif dari anak-anak di Subang untuk pemenuhan hak-hak anak di Subang," ucapnya. 

Sri sendiri merupakan siswa yang masih tergolong anak berusia 17 tahun. Ia mengatakan, forum anak tidak hanya ada di Subang tetapi juga sampai di tingkat nasional. 

"Forum anak ini ada di tingkat nasional hingga ke desa/kelurahan hanya saja beda namanya, kalau di Subang ini dikenal sebagai Fagor," ucapnya.

Kegiatan Fagor dibagi dua golongan. Yakni program klaster yang terbagi lima klaster  pemenuhan hak anak dan program bersama. 

Adapun program yang rutin diadakan, seperti One Insight yang bentuk kegiatannya mengunjungi sekolah untuk sosialisasi dan bermain, kegiatannya dibuat interaktif dengan games dan komunikasi dua arah. 

Kemudian ada Fagor Informasi Layak Anak (FILA), programnya berupa video atau poster mengenai pemenuhan hak anak dan lima klaster yang disebarluaskan melalui sosial media Fagor. 

Selain itu ada, Fagor Book Party. Pada kegiatan tersebut anak-anak dapat membaca buku di perpustakaan keliling, piknik di alun-alun, serta penampilan wayang. 

Beberapa minggu menjelang bulan Ramadhan, Fagor juga berencana untuk melakukan kegiatan bersama anak yatim piatu. 

"Sebentar lagi menjelang Ramadhan kami dari Fagor juga memiliki beberapa program kerja untuk menyambutnya seperti One Insight di salah satu Panti Asuhan," ucapnya.(fsh/ysp) 

Tag :

Berita Terkait