Daerah

Pantarlih Temukan Pemilih Usia Lebih dari 100 Tahun saat Coklit di Purwakarta, Abah Engkos 101 Tahun, Mak Erat 108 Tahun

Mak Erat 108 Tahun
Pantarlih Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, menemukan pemilih berusia lebih dari 100 tahun saat melakukan pencocokan dan penelitian.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, menemukan pemilih berusia lebih dari 100 tahun saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit).

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Darangdan, Adi Setiawan mengaku menemukan data pemilih berusia di atas 100 tahun sebanyak dua orang.

Pemilih tersebut masing-masing bernama Engkos Rasmita warga Kampung Sirnamanah RT 01/RW 01 Desa Sirnamanah, dan Erat warga Kampung Gandaria RT 16/RW 08 Desa Nagrak.

"Abah Engkos usianya diperkirakan 101 tahun dan akan memilih di TPS 01. Sementara Mak Erat berusia 108 tahun tercatat di TPS 10," kata Adi kepada wartawan, Senin (8/7).

Adi menyebutkan, pihaknya menerjunkan 197 Pantarlih tersebar di 100 tempat pemungutan suara (TPS) di 15 desa di Kecamatan Darangdan.

Berdasarkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) mereka akan coklit sebanyak 52.937 pemilih. "Hari ini progresnya sudah 87 persen atau  46.184 orang yang sudah tercoklit," ujar Adi.

Dirinya mengaku terus berkoodinasi dengan Petugas Pemungutan Suara (PPS) termasuk Pantarlih selama musim coklit. Sehingga ada kendala sekecil apapun dapat ditangani dengan cepat.

"Kami juga di PPK terus memantau perkembangan di lapangan agar ketepatan dan keakuratan coklit diutamakan," ucapnya.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua