Daerah

Dinas Ketahanan Pangan Subang Berharap Harga Beras Stabil, Panen Raya di Sejumlah Kecamatan

Dinas Ketahanan Pangan Subang
CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES PENJELASAN: Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Maman Firmansyah saat menjelaskan panen raya di Kabupaten Subang.

SUBANG-Petani di sejumlah kecamatan di Subang sebentar lagi akan melakukan panen raya. Panen raya ini diharapkan menjadi solusi atas naiknya harga beras di pasaran.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang, Maman Firmansyah menyampaikan, panen raya diperkirakan akan terjadi pada bulan Maret hingga Mei mendatang.

“Sudah mulai memasuki panen raya tapi belum seluruhnya panen, ada beberapa yang sudah panen raya di daerah Pantura dan Selatan itu pun sebagian,” terangnya kepada Pasundan Ekspres.

Maman mengatakan, dimulainya musim panen raya diharapkan dapat menambah stok beras. Dengan begitu, harga beras yang saat ini mengalami kenaikan dapat berangsur turun.

“Subang ini lumbung padi, dengan stok beras yang ada dan mulainya panen raya ini diharapkan mampu menurunkan harga beras dan menstabilkan kembali harga beras,” kata Maman.

Di tengah musim panen raya ini, lanjut Maman, pihaknya berupaya agar Bulog bisa membeli beras dari para petani dengan harga yang baik dan tidak terlalu murah agar petani tidak kesulitan.

“Sedangkan petani kadang-kadang kesulitan juga dengan kebutuhan pupuk, obatan-obatan, biaya produksi dan kebutuhan lain. Sedangkan standar pembelian dari Bulog kadang-kadang kecil juga rendah,” jelasnya.

Dia menyebut, selama harga beras masih tinggi pemerintah harus bertanggungjawab penuh dan mengawasi Stabilisai Pasokan Harga Pangan (SPHS) bagi masyarakat Kabupaten Subang.

Tanggungjawab tersebut dengan adanya kerjasama antara Dinas Ketahanan Pangan bersama Bulog, Kadin dan unsur terkait berusaha menggerekan program ketahanan pangan melalui Gerakan Pangan Murah (GPM).(cdp/ysp)

Berita Terkait