Daerah

Sebanyak 21 Anggota KPPS Akan Bertugas di Lapas Subang

Sebanyak 21 Anggota KPPS akan bertugas di Lapas Subang. (Muhamad Faisal/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Sebanyak 21 orang KPPS akan bertugas di 3 TPS di Lapas Kelas IIA Subang.  Hal tersebut setelah pengambilan sumpah/ janji KPPS tahun 2024 yang diselenggarakan di Aula Lapas, pada Kamis (25/1).

 

Ketua PPS Kelurahan Sukamelang Kardilan yang memimpin acara tersebut mengatakan, sebelumnya dirinya melantik KPPS se-Kelurahan Sukamelang sebanyak 392 orang yang bertempat di Lapang Futsal Mulia.

 

“Sukamelang sendiri memiliki sebanyak 59 TPS, termasuk TPS khusus yang berada di Lapas Kelas IIA Subang, sehingga anggota KPPS yang ditetapkan dan dilantik serta diambil sumpahnya mencapai 413 orang," ucapnya.

 

Jumlah anggota KPPS tersebut berasal dari penempatan masing-masing 7 orang di setiap TPS. Dalam pelantikan tersebut, anggota KPPS juga diwajibkan untuk membawa satu pohon untuk dilakukan penanaman pohon setelah acara pelantikan yang dilakukan serentak se-Indonesia. Hal tersebut merupakan amanat dari Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

 

"KPU menyadari dengan tercetak banyaknya logistik Pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam. KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan," ucap Hasyim Asy'ari melewati Kardilan dalam sambutannya.

 

Diketahui pelantikan secara serentak ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga kategori rekor. Pertama, pelantikan secara serentak anggota penyelenggara pemilu terbanyak. Kedua, bimbingan teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara pemilu terbanyak.

 

Ketiga, penanaman bibit pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu terbanyak.

 

Dia juga menyampaikan, bahwa KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara.

 

Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada semua 7 orang Anggota KPPS, yang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis hanya kepada 1 orang Anggota KPPS.

 

“Demikianlah rangkuman dari sambutan Ketua KPU RI dalam pelantikan KPPS Pemilu 2024, sebuah momen bersejarah yang mencatatkan prestasi di tingkat nasional dan internasional,” ucap Kardilan.

 

Kalapas Subang Tommi Hendri melalui Kasi Binadik Lapas Cepy Mulyawan mengatakan pelantikan tersebut berjalan dengan lancar.

 

“Alhamdulillah pelantikan anggota KPPS berjalan lancar. kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada KPU Subang, PPK Subang, dan PPS Kelurahan Sukamelang serta Pengawas Kelurahan Desa atau PKD,” ucapnya.(fsh/ysp)

 

 

 

Berita Terkait