Daerah

Gunakan Banprov, Pemdes Mekarwangi Renovasi Kantor Desa

Pemdes Mekarwangi
Pemdes Mekarwangi sedang merehab kantor desa nya, yang dipantau langsung oleh Bhabinkamtibmas Polri Polsek Pagaden.(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Selain membangun jalan lingkungan yang anggarannya bersumber dari dana desa, kini Pemerimtah Desa (Pemdes) Mekarwangi juga merenovasi kantor desa di bagian lantai dua. Kegiatan pembangunan renovasi tersebut anggarannya dibiayai dari anggaran bantuan provinsi (Banprov) tahun anggaran 2024.

Menurut Kepala Deaa Mekarwangi  Kecamatan Pagaden Barat  H. Edi Rohedi bahwa untuk kegiatan yang sumber dananya dari Banprov bukan merenovasi kantor desa, tetapi ada beberapa alokasi anggaran lainnya.

Dia menjelaskan secara rinci, bahwa total anggaran Banprov tahun 2024 ini sebesar Rp 130 juta yang dialokasikan untuk TPAPD Rp 25 juta, bantuan operasional pokja Posyandu  Rp 1 juta, bantuan operasional BPD Rp 7juta , bantuan operasional Posyandu 1.750rb x 5  Posyandu, cetak konten luar ruangan billboard Rp 1 juta dan rehab kantor desa Rp 87.250.000,. "Jadi anggaran itu, bukan untuk kegiatan fisik saja, ada BOP, buat konten dan sisanya untuk fisik," katanya.

Kegiatan rehab kantor tersebut, dikarenakan lantai dua kurang layak untuk ditempati. Mulai dari atapnya yang bocor, jendela aluminium, tangga, lantai dan dinding bagian depan dipasang batu alam. "Ya sedikit kita ubah ornamen dinding depan kantor ini, dengan batu alam dan beberapa bagian lantai atas kita perbaik," tuturnya.

Selanjutnya, untuk alokasi bantuan operasional BPD, Pokja Posyandu sebagai stimulus agar ada peningkatan kinerja dari lembaga desa tersebut, dalam upaya bersama-sama membangun Desa Mekarwangi menjadi lebih baik lagi.(dan/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua