Daerah

NU Subang Cari Kader Terbaik untuk Majukan Organisasi

NU Subang
DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES WAWANCARA: Sejumlah kader NU yang mengikuti wawancara untuk menjadi pengurus lembaga NU Subang.

SUBANG-Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Subang terus berusaha untuk mencari orang yang kompeten untuk mengisi kepengurusan Lembaga NU. Seperti dilakukan pada akhir pekan kemarin, PCNU Subang melakukan wawancara bagi para calon pengurus Lembaga NU yang berjumlah 18 lembaga. Intervieuw dilaksanakan di Gedung PCNU Subang, Sabtu (11/5).

Ketua PCNU Subang KH Satibi SPd mengatakan, bahwa di masa khidmat 2024-2029 atau perode kedua kepemimpinannya ini, merekrut dan melakukan tes wawancara bagi mereka yang berminat dan telah mendaftar untuk menjadi pengurus lembaga NU ini.

Hal ini dimaksudkan agar PCNU bisa melihat sejauh mana motivasi calon pengurus lembaga untuk bisa membesarkan NU dan menjalankan program lembaga bersangkutan.

"Kita ingin tahu kader NU mau berkiprah di lembaga mana, dan apa motivasinya," kata Abah Tibi sapaan akrabnya.

Selain itu, pihaknya berharap bila nanti dalam kepengurusan itu ada yang tidak aktif atau undur diri, jangan menjadi lemah atau lembaga itu tidak berjalan semestinya.

Tetapi harus tetap berjalan dengan kepengurusan yang ada sehingga program lembaga berjalan selama lima tahun atau satu periode.

"Idealnya satu lembaga pengurusnya ada lima orang, lebih dari lima ya lebih bagus. Meski minimalis yang penting programnya berjalan dan eksis di masyarakat, membesarkan NU melalui lembaganya," tuturnya.

Abah Tibi menyampaikan, ke depan lembaga NU harus mampu menggali sumber dana sesuai dengan bidangnya masing-masing. Jika lembaga memiliki program atau kegiatan hendaknya bisa menggali sendiri sumber dananya,   dan jangan mengandalkan anggaran yang ada saja.

Oleh karena itu, salah satu lembaga yang harus menjadi motor penggerak dari lembaga NU yang lain adalah Lazisnu. Dimana bila Lazisnu besar maka dengan sendirinya akan mendorong dan membantu lembaga lainnya, bila membutuhkan anggaran untuk kegiatan atau program yang dimaksud.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Kabupaten Subang Kiai Uung Mashuri mengatakan, wawancara ini  sebagai tahap awal masuk  menjadi pengurus lembaga. Untuk mengetahui sejauh mana minat dan gagasannya.

Dalam penilaian itu, PCNU menugaskan 12 orang pengurus PC untuk mewawancarai 117 orang kader NU yang telah mendaftar di lembaga NU yang terbagi di empat bidang yaitu bidang Agama dan Dakwah, Pendidikan dan Kebudayaan, Ekonomi Kesejahteraan dan bidang Sosial Kemasyarakatan.(dan/ysp)

 

Berita Terkait