Daerah

Anggota KPPS Siap Sukseskan Pemilu 2024

YARFAILLAH/PASUNDAN EKSPRES BIMBINGAN TEKNIS: PPS Kelurahan Pasirkareumbi melakukan bimbingan teknis sebagai upaya memaksimalkan persiapan untuk menyambut pemungutan dan penghitungan suara, pada Minggu (28/1).

 

SUBANG-Untuk memaksimalkan kinerja anggota KPPS, secara serentak ribuan anggota KPPS mengikuti Bimtek (Bimbingan Teknis) perihal tata cara dan teknis  pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS nanti saat bertugas  pada pemilu 2024 14 Februari mendatang.

Seperti halnya itu, sekitar 1022 anggota KPPS di wilayah Kecamatan Cikaum juga mengikuti Bimtek yang berlangsung di PPS desa se Kecamatan Cikaum. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PPK Kecamatan Cikaum Kusnadi SPd saat monitoring Bimtek KPPS di PPS  Desa Tanjungsari Barat, Ahad (28/1).

Dia menyapaikan, bimtek ini sangat penting untuk diikuti oleh KPPS. Dalam Bimtek ini berisi pengarahan bagaimana teknis dan tata cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS nanti.

Selain soal teknis, materi bimtek lainnya adalah bagaimana teknis dan cara mengisi format laporan tertulis, juga laporan secara online melalui aplikasi pelaporan hasil penghitungan suara pemilu 2024 ini.

"Materi bimteknya banyak, juga teknis laporan manual juga melalui aplikasi di HP android," katanya.

Dengan Bimtek ini, pihaknya mengharapkan para anggota KPPS ini memahami betul teknisnya nanti. Untuk lebih gamblangnya ada sesi simulasi penghitungan suara, sehingga saat proses hitung suara berjalan cepat, tepat, akurat dan lancar.

Ketua PPK Cikaum Kusnadi menambahkan, bahwa Bimtek ini berjalan dengan tertib dan lancar  dan intinya KPPS dapat memahami serta menyesuaikan dengan kemajuan teknologi saat pelaporan melalui aplikasi di Android nanti.

Kegiatan Bimtek tersebut diawasi oleh Panwascam dan para petugas PTPS juga nampak hadir. Dan nara sumber dari Bimtek tersebut adalah dari unsur PPK dan PPS setempat.

Selain, itu bimtek juga digelar di Kelurahan Pasirkareumbi. PPS Kelurahan Pasirkareumbi melakukan bimbingan teknis sebagai upaya memaksimalkan persiapan untuk menyambut pemungutan dan penghitungan suara, pada Minggu (28/1). Kegiatan ini diikuti oleh anggota KPPS se Kelurahan Pasirkareumbi.

Kegiatan bimbingan teknis ini dihadiri oleh beberapa pihak seperti Lurah Pasirkareumbi, babinkamtibmas, babinsa, PPS serta seluruh anggota kpps yang sangat antusias sekali dalam mengsukseskan pemilu serentak 2024 ini.

Ketua PPS Kelurahan Pasirkareumbi Juhedi menyampaikan, bimtek ini digelar sebagai upaya untuk menyukseskan pemilu.

“Adanya bimtek ini dilakukan upaya untuk membekali para Anggota KPPS. Harapanya semua anggota KPPS dapat mengerti terkait tugasnya masing-masing," katanya kepada Pasundan Ekspres.

Terkait kegiatan bimtek ini, Lurah Pasirkareumbi Rizal Tri Handoko memberikan dukungan penuh atas adanya kegiatan ini. Dia berharap, melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat Pasirkareumbi pada pemilu 2024 sekarang. 

“Saya juga menyambut baik adanya bimtek ini, sebagai bentuk pembekalan terhadap tugas dan fungsinya para anggota KPPS masing-masing. Kami harap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat Pasirkareumbi," ujarnya.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi poto bersama dengan para anggota di setiap masing-masing TPS yang ada di Kelurahan Pasirkareumbi. Harapan dari semua pihak yang hadir, ketika pemilu nanti berlangsung bisa dapat berjalan dengan baik dan tidak ada halangan.(dan/yrf/ysp)

Berita Terkait