Warga Keluhkan Jalan Rusak Penghubung Kecamatan, Minta Dinas PUPR Subang Segera Perbaiki

Egi - 09 Mei 2024, 18:14WIB
Dinas PUPR Subang
DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES JALAN RUSAK: Seorang pengguna jalan saat melintasi jalan yang rusak. Jalan itu termasuk jalan poros desa menghubungkan Desa Cidadap dan Sumurgintung Kecamatan Pagaden Barat.

SUBANG-Jalan kabupaten yang menghubungkan sejumlah desa dan kecamatan kondisinya rusak berat dan berlubang. Sehingga kerap membahayakan pengendara yang melintasinya, apalagi saat hujan.

Seperti jalan yang menghubungkan desa Pagaden Barat dengan Pagaden, tepatnya Desa Cidadap dengan Sumurgintung. Warga meminta jalan tersebut segera diperbaiki. 

Warga meminta Pemda, dalam hal ini Dinas PUPR Subang untuk segera memperbaiki jalan rusak tersebut.

Pantauan Pasundan Ekspres di lapangan, kerusakan paling parah berlokasi  di ruas jalan Desa Sumurgintung menuju Desa Cidadap. Kondisi tersebut membuat para pengguna jalan harus ekstra hati-hati saat melintas, karena kedalaman lubang sudah seperti kubangan air yang mencapai dari 10 sentimeter hingga 20 sentimeter.

"Ya ini harus hati hati, kalau yang sering lewat mungkin sudah hafal kondisi jalan ini berlubang. Kalau yang baru lewat kan bahaya, dikiranya rata karena kalau hujan kan gak kelihatan lubangnya. Bisa saja pengendara itu terjatuh, kan bahaya juga," kata Jemy warga sekitar.

Kondisi rusaknya jalan ini sudah berlangsung selama berbulan-bulan. Namun, hingga saat ini dari pihak pemerintah Kabupaten Subang khusunya Dinas PUPR belum ada tindak lanjut untuk perbaikan.

Wargapun sangat mengharapkan jalan rusak itu segera diperbaiki, karena akses jalan tersebut sangat penting bagi masyarakat sekitar.

"Ini jalan poros tengah yang menghubungkan Kecamatan Subang, Pagaden Barat dan Pagaden, banyak kendaraan yang melintas ke jalan ini. Diperparah lagi adanya  saluran air yang berada di atas jalan, ketika ada rembesan langsung ke jalan," tambah Jemy.

Kepala Desa Cidadap Taswan Sucipto menjelaskan, soal jalan yang rusak dan berlubang itu, pihaknya sudah beberapa kali  mengusulkan ke Dinas PUPR untuk secepatnya diperbaiki. Akan tetapi sampai sekarang usulan perbaikan  tersebut belum kunjung di realisasikan oleh Dinas PUPR.

"Kita udah beberapa kali melayangkan surat ke Dinas PUPR untuk segera diperbaiki sebelum tambah parah,  ini kan wewenang dinas karena jalan tersebut merupakan jalan Kabupaten bukan jalan Desa," kata Taswan Sucipto.

Tidak hanya itu, lanjut Kades Cidadap yang sudah dua periode menjabat ini menambahkan, jalan ini selain merupakan akses jalan ke perkotaan juga merupakan akses untuk menempuh beberapa sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Pagaden Barat.

"Sambil menunggu adanya perbaikan secara permanen dari Dinas PUPR,  insyaallah besok kami bersama warga masyarakat akan memperbaiki jalan tersebut dengan cara tambal sulam,  sedangkan materialnya sudak kami siapkan," tukasnya.(dan/ysp)

Berita Terkait

Pasundan Ekspres