Daerah

Universitas Panca Sakti Bekali Guru PAUD Pembelajaran Kreatif

Universitas Panca Sakti
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES PEMBELAJARAN KREATIF: Magister PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi bekerja sama dengan Himpaudi Kabupaten Purwakarta memberikan pelatihan dan pendampingan pembelajaran kreatif kepada para guru PAUD di Kabupaten Purwakarta.

PURWAKARTA-Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Panca Sakti Bekasi bekerja sama dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Purwakarta memberikan pelatihan dan pendampingan pembelajaran kreatif kepada para guru PAUD di Kabupaten Purwakarta.

Pelatihan dan pendampingan pembelajaran yang bermakna melalui bermain kreatif dengan menggunakan media pembelajaran yang juga kreatif ini, merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlangsung pada 11-18 Mei 2024 di Gedung Creative Center Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan PKM tersebut diinisiasi oleh mahasiswa Magister PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi 2024 kelompok 3, yang beranggotakan empat orang. Keempatnya adalah Nita Adiyanti, S.Pd, Mila Wahyuni, S.Pd, Ilis Kandarisah, S.Pd, dan Ilah Carilah, S.Pd, beserta dengan Dosen Pembimbing Dr. Lilis Suryani, M.Pd.

Ketua Panitia Kelompok 3 Mahasiswa Magister PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi 2024, Nita Adiyanti berpesan agar guru dapat meng-upgrade diri sehingga anak-anak dapat mengeksplore dirinya. Yakni, sambungnya, dengan menggunakan media kreatif sehingga anak-anak dapat belajar sambil bermain. Dengan bermain kreatif ini, dapat membantu guru dalam memberikan motivasi belajar untuk anak, sehingga anak-anak lebih semangat belajar. "Kami mengadakan PKM 2024 kepada guru PAUD di Kabupaten Purwakarta untuk mengupgrade dirinya sebagai seorang pendidikan. Adapun kegiatan tersebut berupa pelatihan dan pendampingan bermain kreatif," kata Nita.

Hal tersebut, lanjut dia, bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bermain kreatif dalam meningkatkan keterampilan kemampuan mengajar para pendidik anak usia dini di Kabupaten Purwakarta.

Setelah itu, lanjut Nita, pihaknya akan mengadakan pendampingan pada 13-16 Mei 2024 untuk melihat proses realisasi yang dilakukan oleh guru setelah mengikuti pelatihan. "Dalam proses pelatihan, guru-guru membuat suatu media kreatif dan menjelaskan manfaat, tujuan dan fungsi dari masing-masing kelompok, sehingga kita bisa melihat proses guru-guru merealisasikan materi yang telah disampaikan," ujar Nita.

Senada, Lilis Suryani berpesan bahwa kegiatan PKM Mahasiswa Magister PAUD Kelompok 3 Universitas Panca Sakti 2024 ini merupakan implementasi dari mata kuliah yang telah diajarkan. "Peran pendidik adalah sebagai fasilitator yang memberikan sarana dan prasana sehingga anak-anak dapat bereksplorasi pada lingkungan. Oleh karena itu perlunya menumbuhkan kreativitas guru sehingga melakukan pembelajaran dengan bermain kreatif. Karena, anak usia dini perlu diajak main, namun tak lupa bermain yang bernilai edukasi di dalamnya," ucapnya.

Turut hadir mendukung kelancaran acara PKM yakni Himpaudi Kabupaten Purwakarta Nurdiatu Zahro, S.Ud., dan Ketua PD IGRA Kabupaten Purwakarta Enung Siti Nurjanah, S.Ag. Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa sponsor antara Lain, Zona Print, Ejaaz Baruna Collection Hampers Purwakarta, Kelompok Belajar Arraudoh dan Darul Ilmi.(add/sep)

Berita Terkait