Daerah

Puskesmas Cibogo Imbau Masyarakat Terapkan PHBS, Saat Musim Kemarau

Puskesmas Cibogo
Masyarakat saat antre mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Cibogo, Kamis (6/6).(Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Puskesmas Cibogo mengimbau masyarakat untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada musim kemarau. 

Puskesmas Cibogo mencatat, perubahan cuaca dari musim hujan ke kemarau mengakibatkan angka kesakitan masih tergolong tinggi. Banyak masyarakat penyakit demam, ISPA, DBD, dan diare. 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Cibogo Tri Hartina, menyampaikan antisipasi kepada masyarakat khusus musim kemarau harus meningkatkan PHBS.

"Pada umumnya PHBS di sini itu cuci tangan 6 langkah dan semuanya harus dilaksanakan oleh masyarakat," ungkapnya. 

Dia mengatakan, terkait air bersih khusus di wilayah Cibogo masih terjangkau dengan optimal. Hanya saja PHBS perlu diditingkatkan. 

Tri menegaskan, cuci tangan tidak perlu menggunakan air mengalir saja, tetapi sekarang praktis bisa menggunakan hand sanitaizer. 

"Penyakit akan terjadi apabila tangan kita kotor, maka dari itu hand sanitizer sangat di butuhkan untuk pencegahan infeksi saluran pernapasan dan diare," paparnya. 

Kemudian untuk penyakit ISPA masker masih diperlukan, karena untuk menjaga droplet pada saat melakukan kunjungan ke rumah sakit.

Ia berharap, masyarakat dapat melakukan PHBS dengan baik karena bukan untuk orang lain tetapi untuk diri kita dan lingkungan sekitar.(znl/ysp) 

 

Berita Terkait