Daerah

Hari Jamu Nasional: Subang Lumbung Tanaman Jamu Penuh “Magic”

Hari Jamu Nasional: Subang Lumbung Tanaman Jamu Penuh “Magic”
Hari Jamu Nasional: Subang Lumbung Tanaman Jamu Penuh “Magic”

PASUNDAN EKSPRES - Jamu (djamoe) adalah obat tradisional asli Indonesia. Jamu berasal dari kata “djampi” dan “oesodo”, yang berarti obat dan magic.

Disebut magic karena jamu yang berasal dari tanaman obat diyakini oleh masyarakat Indonesia pada waktu itu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Jamu ditemukan pertama kali pada abad ke-14 di zaman Kerajaan Mataram. 

Indonesia memiliki hutan tropis yang sangat luas, di dalamnya terdapat banyak keanekaragaman hayati “emas hijau” yang tak ternilai harganya.

Emas Hijau (tanaman obat) yang begitu sangat banyak dan mudah ditemukan di Indonesia, menjadi anugrah besar bagi masyarakat Indonesia yang nilai manfaatnya dalam penjagaan kesehatan dan penyembuhan berbagai macam penyakit telah diwariskan oleh para leluhur nenek moyang kita secara turun temurun hingga zaman modern kini. 

 

BACA JUGA:SELAMAT! Cisaat Subang Masuk Dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI

 

Penggunaan obat tanaman pada zaman dahulu lebih lekat dengan budaya praktek para tabib dan dukun di perkampungan untuk menangani keluhan penyakit dan masalah lainnya dengan jampi-jampi.

Namun, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan sains saat ini, penggunaan tanaman obat telah menjadi alternatif pengobatan yang sangat baik dan telah banyak dikembangkan dalam dunia praktek pengobatan modern secara ilmiah.

Dalam istilah lainnya dikenal dengan etnomedicine.

Kabupaten Subang merupakan salah satu daerah yang kaya akan “emas hijau” dan sarat akan khasiat “magic” sebagai tanaman obat.

Di antaranya Nanas (Ananas Comosus L.Merr) dan Andewi atau selada (Chicorium endivia).

Nanas Subang memiliki kekhasan yang sangat Istimewa dan berbeda dengan Nanas-Nanas lainnya.

Nanas Subang memiliki ciri buah yang besar, mata buahnya ‘melotot’, daging buahnya lembut, memiliki kandungan air yang sangat banyak dan rasanya yang khas manis keasam-asaman menjadikan buah Nanas Subang terasa lebih segar dan enak.

 

BACA JUGA:Telah Hadir! Coffe More x Curug Goong Menikmati Kopi di Tengah Keindahan Alam Subang

 

Dalam berbagai referensi jurnal, Nanas Subang merupakan jenis Nanas "smooth cayenne" yang merupakan tanaman buah dan tanaman obat, memeliki khasiat magic untuk mengatasi faringitis, kanker payudara, osteoatritis dan lain-lain.

Selain itu ada juga Andewi memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi sebagai obat kanker (cancer).

Dua contoh tanaman jamu yang magic di atas ketersediannya begitu sangat melimpah di kabupaten Subang sehingga peluang penggunaan bahan alam sebagai bahan baku obat memiliki prospek yang sangat besar bagi pertumbuhan pertanian Nanas dan Andewi di Subang.

Pelestarian tanaman obat menjadi sangat penting dilakukan agar ketersediaan bahan baku obat alam tidak punah.

Di sisi lain pentingnya pelestarian tanaman obat ini juga untuk kemandirian ketersediaan bahan baku obat menuju ketahanan obat nasional.

Maka prospek untuk melestarikan tanaman obat untuk ramuan obat tradisional di Indonesia menjadi sangat penting agar tidak terkikis oleh pengobatan tradisional asing.

 

Selamat Hari Jamu Nasional, semoga masyarakat Indonesia khususnya Subang sehat selalu.

 

Penulis:

apt. Ramna Ningsih, S. Si., C. Herbs., M. Farm.

(Owner Café Jamu dan Apoteker Penanggung Jawab Instalasi Farmasi Klinik LAPAS Subang).

Berita Terkait