Daerah

Lakukan Pengawasan Pemcam Pagaden Monev Desa Gunungsari

Monev Desa Gunungsari
Monev Desa Gunungsari

PASUNDAN EKSPRES -Pengendalian pembangunan serta pengawasan pengelolaan anggaran desa, dijadikan tolak ukur  keberhasilan peningkatan pembangunan di desa.

Oleh karena itu Pemcam.Pagaden membentuk Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke desa desa di wilayah Kecamatan Pagaden.

Sekretaris Kecamatan Pagaden Edi Sudrajat SE selaku Ketua Tim Monev menyampaikan, bahwa monev tersebut dilakukan selama triwulan sekali, dalam tahun anggaran berjalan 2024 ini.

Mengapa pertriwulan, karena dalam jangka tersebut pemdes terkait sudah menerima anggaran desa baik dari DD, Banprov, BKU atau ADD.

"Ya jadi kita monitor realisasi anggaran yang turun ke desa terkait. Dan hari ini kita monev di Desa Gunungsari," katanya.

Dalam monev tersebut, Pemcam meninjau sejumlah kegiatan pembangunan fisik yang telah direalisasikan selama triwulan kesatu ini.

Kepala Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Andri Nugraha  mengatakan bahwa pihaknya telah merealisasikan anggaran Banprov untuk membangun kantor lembaga desa seperti LPM, BPD dan PKK.

Selain itu ada pula jalan lingkungan dan sumur bor mengurangi dampak kekurangan air saat musim kemarau.

"Kita sudah bangun tiga ruangan kantor untuk lembaga desa, anggarannya dari Banprov ," kata Andri disela sela monev tersebut.

Dengan monev itu diharapkan kinerja Pemdes semakin baik, anggaran yang turun ke desa direalisasikan sesuai rencana anggaran nya, sehingga alokasi dan realisasi anggaran desa tepat sasaran.(dan).

 

Berita Terkait