Daerah

Kareta Sobat Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka, Mobile Learning Vehicle Dekatkan Layanan BBGP Jawa Barat

Layanan BBGP Jawa Barat
BBGP Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menggelar acara Kareta Sobat dan Penanaman Mangrove pada peringatan Hari Mangrove Sedunia, Kamis (25/7).(Muhammad Faishal/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menggelar acara Kareta Sobat dan Penanaman Mangrove pada peringatan Hari Mangrove Sedunia, Kamis (25/7). 

BBGP Jawa Barat memiliki Inovasi bernama Kareta Sobat atau Kenderaan Rekreatif Edukatif Sarana Kolaborasi yang merupakan Mobile Learning Vehicle yang bertujuan untuk mendekatkan layanan BBGP Jawa Barat di lokasi-lokasi yang sulit terjangkau oleh layanan moda transportasi biasa, seperti online learning dan juga tatap muka. Kali ini Kareta Sobat mengunjungi Kampung Pesisir, Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon. 

Kepala BBGP Jawa Barat, Mohamad Hartono mengatakan, hadirnya Kareta Sobat di Desa Mayangan merupakan bentuk upaya implementasi Kurikulum Merdeka di daerah tersebut. "BBGP Jabar menghadirkan Kareta Sobat sebagai upaya dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka sampai di Desa Mayangan, Kecamatan Legunkulon, Kabupaten Subang," ucapnya. 

Kepala Balai Media Kebudayaan Retno Raswaty mengatakan Balai Media Kebudayaan hadir untuk menjadi pendukung utama dari platform Merdeka Belajar, salah satunya dengan oembentukan konten WIWARA di Indonesiana TV. "Upaya mendukung gerakan literasi kebudayaan didorong dengan pembentukan konten WIWARA yang mengajikan berbagai konten kebudayaan melalui platform Indonesiana TV yang berperan sebagai suplemen dalam pembelajaran," ucapnua. 

Kunjungan ke Kabupaten Subang ini mengusung tema "Kareta Sobat Nganjang ka Kampung Pesisir" dalam rangka pendidikan perubahan iklim dan edukasi penanganan bencana air. 

Adapun kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan diantaranya adalah Science Nyentrik untuk tingkat SMP, Joyful Learning untuk tingkat SD kelas bawah dengan tajuk "Memanfaatkan Berbagai Media dan Teknologi untuk Pembelajaran", Literasi dan Numerasi untuk tingkat SD kelas atas melalui media film dan pembelajaran berbasis proyek, serta Literasi dan Numerasi untuk jenjang PAUD lewat aktivitas motorik dengan bahan alam dan dongeng bersama Paman Gery. 

Selain itu, terdapat juga aktivitas mengasyikan lainnya seperti kelas batik ecoprint dengan pewarnaan mangrove, kelas merias dasar, dan berbagi praktik baik di aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). 

Selanjutnya terdapat juga Gelar Wicara Media Dilm sebagai Sarana Pembelajaran Kreatif dalam Kurikulum Merdeka, Gelar Wicara Membangun Kepercayaan Diri dan Menjadi Pribadi yang Peduli Lingkungan bersama Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan 2024, Melati Tedja, serta Gelar Wicara Pejuang dan Tantangan Kerja di Era Industri 4.0. 

Pj Bupati Subang Imran mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh BBGP Jawa Barat yang didukung oleh berbagai sponsor serta Forkopimda yang dapat bekerja sama, salah satunya pada sektor pendidikan. 

Bertepatan dengan Hari Mangrove Sedunia, Imran juga mengapresiasi BBGP Jawa Barat yang turut mengadakan menanam mangrove di Pulau Burung, Pondok Bali, Kecamatan Legonkulon. "BBGP Jawa Barat luar biasa mengadakan kegiatan penanaman mangrove di sini, di tingkat kabupaten saya juga didukung oleh Forkopimda," ucapnya. 

Ia mengatakan Pemkab Subang juga memiliki perhatian besar terhadap kelestarian lingkungan. "Pemerintah Kabupaten Subang itu sangat perhatian terkait dengan lingkungan hidup, karena sebagian wilayah Subang itu juga berkontribusi bagi wilayah-wilayah lain di sekitar Subang terkait dengan kelestarian lingkungan," ucapnya. 

Ia bilang kelestarian lingkungan kuga dapat berkobtribusi pada pendapatan masyarakat yang ada di Subang. "Dengan kelestarian lingkungan, kita berharap itu juga dapat berkontribusi bagi pendapatan masyarakat yang ada di Subang," ucapnya. 

Dirinya berharap mangrove yang ditanam dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan juga hewan-hewan yang ada di sekitarnya. "Semoga tumbuhan mangrove yang kita tanam pada pagi hari ini dapat tumbuh dengan baik dan memberi kemanfaatan bagi seluruh warga masyarakat yang berada disekitarnya dan juga bisa memberi manfaat bagi hewan yabg ada di sekitar," ucapnya. 

Dengan berbagai manfaat yang ada, Imran mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. "Maka dari itu, saya mengajak seluruh elemen stakeholders untuk sama-sama menjaga lingkungan ini," ucapnya.(fsh/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua