Daerah

SDN H Juanda Luncurkan Program Jawadah untuk Kurangi Sampah Plastik

SUBANG-Sekolah Dasar Negeri (SDN) H. Juanda di Subang terus memperkuat kesadaran lingkungan di kalangan para siswa dengan mengimplementasikan program Jajan Membawa Wadah (Jawadah). Program ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dengan mendorong siswa dan guru untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Inu Wahyudi, seorang guru di SDN H. Juanda, menjelaskan bahwa program Jawadah telah diterapkan sebelum Pj. Bupati mengeluarkan kebijakan serupa terkait pengurangan sampah plastik di lingkungan sekolah. 

"Dengan menerapkan program Jawadah,sekolah dapat berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik melalui tindakan sederhana namun signifikan ini," ungkapnya.

Selain mengurangi sampah plastik, program ini juga bertujuan untuk mendorong gaya hidup sehat di kalangan siswa. Dengan membawa bekal makanan dari rumah, siswa dapat memastikan kualitas dan kebersihan makanan yang mereka konsumsi.

"Program ini sejalan dengan upaya kami untuk membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan, dan merupakan bagian dari implementasi konsep Adiwiyata di SDN H. Juanda," tambah Inu.

Selain program Jawadah, SDN H. Juanda juga melaksanakan program Jum'at Bersih (Jumsih) yang melibatkan siswa dan guru dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah serta mengelola sampah dengan baik.

"Ini adalah langkah edukatif yang penting untuk membentuk kebiasaan positif bagi para siswa, sehingga mereka dapat membawa kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat," tutupnya.(znl/ysp)

Berita Terkait