Daerah

Warga Dan Kepolisisan Bekerjasama Normalisasi Sungai Cegah Banjir di Pantura

CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES GOTONG ROYONG: Anggota Polsek Pabuaran bersama warga saat membersihkan aliran air yang tersendat oleh ranting pohon dan sampah.

SUBANG-Mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan dan menjaga kesehatan lingkungan, polisi bersama warga melakukan karya bakti pembersihan sungai di Desa Siluman, Kecamatan Pabuaran, Rabu (10/1). 

Kapolsek Pabuaran AKP Edi Juhedi mengatakan, adanya pembersihan lingkungan berupa normalisasi sungai sebagai salah satu upaya pencegahan agar saluran air tidak tersendat. 

"Kami bersama warga membersihkan sampah dan ranting pepohonan yang patah menutup aliran air sepanjang aliran sungai yang dikhawatirkan jika hujan turun menyebabkan air naik ke pemukiman warga," katanya. 

Menurutnya, setelah sungai bersih dan aliran airnya lancar serta bersih dari sampah diharapkan masyarakat selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan di sungai. 

"Masyarakat juga diharapkan agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya untuk mencegah terjadinya banjir saat hujan turun," ujar AKP Edi Juhedi. 

Sementara itu, Kepala Desa Siluman, Warman mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarkat yang telah peduli terhadap lingkungan diwilayahnya, terutama di aliran sungai Desa Siluman. 

"Memang ada beberapa saluran air yang mampet, akibat kurangnya kesadaran masyarakat. Hendaknya masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, serta jangan pernah membuang sampah sembarangan," jelasnya. 

Ia menyebut, kepedulian yang dimulai dari diri sendiri lebih penting guna menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.(cdp/ysp) 

Berita Terkait