Daerah

Lurah Kompak Akan Serap Dana Kelurahan dengan Baik, Untuk Kepentingan Masyarakat

MUHAMMAD FAISHAL/PASUNDAN EKSPRES PANTAU: Lurah Wanareja Iis Idayani saat memantau aktivitas pekerjaan fisik di lingkungannya.

SUBANG-Sejumlah lurah di Kecamatan Subang mengaku siap untuk menggunakan dana kelurahan dari pemerintah pusat dengan baik. Mereka menyambut baik dana untuk tersebut yang dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Lurah Soklat Adang Soemantri mengatakan, Kelurahan Soklat menerima dana kelurahan setahun sebesar Rp200 juta. Ia mengatakan siap untuk menggunakannya dengan baik. 

"Kurang lebih sebesar Rp. 200 juta, dana tersebut siap untuk dilaksanakan," ucapnya kepada Pasundan Ekspres.

Lurah Dangdeur Irfan Imamul Haqiqi mengaku bersyukur dengan dana yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut. 

"Alhamdulillah, dengan adanya bantuan pusat ada tambahan untuk pembangunan di Kelurahan Dangdeur, kita syukuri, dan kita nikmati," ucapnya. 

Sementara itu, Lurah Pasirkareumbi Rizal Prihandoko mengatakan, penggunaan dana tersebut akan dibahas di Musrenbang tingkat kecamatan. 

"Nanti ada informasikan apa saja yang akan direalisasikan dan apa yang akan dikerjakan tahun ini. Hal tersebut akan dibahas pada Musrenbang tingkat kecamatan," ucapnya. 

Lurah Wanareja Iis Idayani menungkapkan, dana tersebut biasanya digunakan untuk pembangunan fisik. "Biasanya digunakan untuk pembangunan fisik seperti sarana infrastruktur jalan gang lingkungan RT/RW dan bukan jalan kabupaten/provinsi, drainase, dan juga TPT," ucapnya. 

Ia menambahkan, alokasi dana kelurahan tersebut dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat. 

"Kalau setiap tahun direalisasikan, alhamdulillah bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat. Hanya saja harus diperluas lagi kegiatannya misalnya untuk bidang kesehatan dan pendidikan, supaya pemerataan di semua sektor pembangunan yang dibutuhkan masyarakat," ucapnya. 

Dana tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan penganggaran bagi kelurahan dalam pembangunan sarana prasarana kelurahan, serta pembiayaan kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.(fsh/ysp)

 

Berita Terkait