Finansial

Pemerintah Jerman Jual Banyak Bitcoin Picu Kepanikan

Pemerintah Jerman jual Bitcoin picu kepanikan para investor
Pemerintah Jerman jual Bitcoin picu kepanikan para investor. (ilustrasi Freepik @starline)

PasundanEkspres - Pemerintah Jerman baru-baru ini menjual bitcoin senilai ratusan juta dolar, menyebabkan aksi jual besar-besaran mata uang kripto tersebut akibat kepanikan investor.

Bulan lalu, pemerintah Jerman memulai penjualan bitcoin dari dompet yang dikelola oleh Kantor Polisi Kriminal Federal (Bundeskriminalamt atau BKA). Pada bulan Juni, BKA menjual 900 bitcoin senilai sekitar USD 52 juta yang disita dari situs pembajakan film.

Pada pekan sebelumnya, BKA menjual lagi 3.000 bitcoin dengan nilai sekitar USD 172 juta, dan baru-baru ini mereka menjual 2.739 bitcoin senilai USD 155 juta.

Seiring penjualan ini, harga bitcoin turun drastis, mencapai di bawah USD 55.000 pada Jumat (5/7), yang merupakan level terendah sejak Februari 2024 menurut data CoinGecko. Bahkan, pada satu titik, pasar kripto secara keseluruhan kehilangan lebih dari USD 170 miliar kapitalisasi pasar dalam periode 24 jam.

Penjualan bitcoin oleh pemerintah Jerman bukan satu-satunya kekhawatiran bagi investor bitcoin. Mata uang kripto ini juga tertekan oleh pembayaran bitcoin bernilai miliaran dolar kepada kreditor dari bursa bitcoin Mt. Gox, yang bangkrut pada tahun 2014.

 

James Butterfill, kepala penelitian di manajer aset kripto CoinShares, mengatakan kepada CNBC yang dikutip PasundanEkspres bahwa meskipun penjualan bitcoin ini relatif kecil, hal tersebut mempengaruhi sentimen pasar. Namun demikian, harga bitcoin masih naik 89% dalam 12 bulan terakhir.

Pada Januari 2024, polisi di negara bagian Saxony, Jerman timur, mengumumkan penyitaan hampir 50.000 bitcoin, senilai sekitar USD 2,2 miliar pada saat penyitaan.

Saat ini, mereka memiliki sekitar 32.488 bitcoin. Dengan harga saat ini, kepemilikan pemerintah Jerman tersebut bernilai sekitar USD 1,9 miliar.

Tidak semua orang senang dengan keputusan pemerintah Jerman menjual bitcoin. Joana Cotar, anggota Bundestag Jerman, menyatakan di postingan di X bahwa daripada menjual bitcoin, pemerintah seharusnya menyimpannya sebagai mata uang cadangan strategis.

Cotar menyebutkan bahwa ia telah menulis surat kepada Kanselir Jerman Olaf Scholz, Menteri Keuangan Christian Lindner, dan Presiden Menteri Saxony Michael Kretschmer untuk memberi tahu mereka bahwa menjual bitcoin bukan hanya tidak masuk akal, tetapi juga kontraproduktif.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua