Gadget

Produksi iPhone 16 Dikebut, 50 Ribu Karyawan Baru Dikerahkan

iPhone 16
Produksi iPhone 16 digeber 50 ribu karyawan baru dikerahkan.

PasundanEkspres - Foxconn, mitra perakit utama Apple, telah memulai peningkatan produksi untuk iPhone 16 series. Perusahaan asal China ini dilaporkan merekrut 50.000 pekerja tambahan untuk mempercepat produksi iPhone 16 di pabrik utamanya.

Untuk menarik minat karyawan baru, pabrik terbesar Foxconn di Zhengzhou, China, menawarkan gaji dan bonus yang lebih tinggi. Gaji bulanan untuk karyawan biasa dapat mencapai 7.000 hingga 8.000 Yuan (sekitar Rp 15,5 juta hingga Rp 17,8 juta).

"Kami sedang memasuki musim rekrutmen puncak saat ini. Gaji bulanan sekitar 8.000 Yuan dan upah per jam berkisar antara 25-26 Yuan," ungkap seorang manajer rekrutmen bernama Yu, seperti yang dikutip dari Global Times pada Selasa (13/8/2024).

"Kami membutuhkan banyak karyawan dan akan menerima sebanyak mungkin, terutama untuk produksi iPhone 16 series," lanjutnya.

Dalam dua pekan terakhir, Foxconn telah merekrut 50.000 orang. Chen Da, seorang agen rekrutmen, menyatakan bahwa Foxconn masih memerlukan lebih banyak tenaga kerja.

Musim produksi puncak untuk Foxconn dimulai pada bulan September dan berlangsung hingga Desember, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang musim liburan akhir tahun. Dari bulan Juli hingga Agustus, pabrik Foxconn di berbagai lokasi mulai merekrut karyawan tambahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Apple diperkirakan akan meraih kesuksesan besar dengan iPhone 16 series, berkat fitur Apple Intelligence yang hanya tersedia di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Banyak pengguna diprediksi akan melakukan upgrade ke model terbaru ini.

Selain itu, penjualan iPhone di China telah mulai menunjukkan peningkatan berkat berbagai diskon yang diberikan oleh peritel dan Apple sendiri. Bloomberg melaporkan bulan lalu bahwa Apple telah meminta pemasoknya untuk meningkatkan produksi iPhone 16 series hingga 10% tahun ini, dengan target produksi sebesar 90 juta unit.

iPhone 16 series diperkirakan akan diluncurkan pada awal September mendatang. Peluncuran ini akan membawa berbagai peningkatan, seperti desain baru untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, kamera telephoto 5x untuk iPhone 16 Pro, dan layar super besar (6,9 inci) untuk iPhone 16 Pro Max.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua