Gadget

iPhone 16 Rilis Bulan Depan, 4 Model Lama Bakal Pensiun

iPhone 16 Series
iPhone 16 Series meluncur bulan depan 4 model ini bakal pensiun. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Apple telah mengirimkan undangan untuk acara musim gugurnya yang akan berlangsung pada 9 September mendatang. Dalam acara ini, Apple kemungkinan akan memperkenalkan berbagai produk terbarunya, termasuk seri iPhone 16, AirPods terbaru, dan Apple Watch terbaru.

Namun, untuk memberi ruang bagi produk-produk baru tersebut, Apple akan menghentikan penjualan beberapa produk lama. Berikut adalah beberapa varian iPhone yang kemungkinan besar akan dihentikan setelah peluncuran seri iPhone 16:

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

Sejak diperkenalkannya iPhone XS dan iPhone XR pada tahun 2018, Apple secara konsisten menghentikan penjualan iPhone flagship yang diluncurkan setahun sebelumnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh kesamaan yang terlalu dekat antara produk-produk tersebut, serta keinginan Apple agar pengguna memilih model yang lebih terjangkau jika ingin berhemat.

Tampaknya tradisi ini akan berlanjut tahun ini, dan Apple bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal kepada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bulan depan.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max adalah iPhone pertama yang menggunakan material titanium. Kedua ponsel ini kemungkinan akan menjadi iPhone Pro terakhir yang menggunakan layar berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci, karena iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan hadir dengan layar yang lebih besar.

iPhone 14 Plus

iPhone 14 Plus adalah ponsel entry-level berukuran besar pertama yang diluncurkan Apple, menyusul kegagalan iPhone 13 mini dan iPhone 12 mini. Ponsel ini memiliki layar berukuran 6,7 inci dan baterai besar seperti varian Pro Max, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Apple menghentikan penjualan iPhone 13 mini pada September tahun lalu setelah meluncurkan seri iPhone 15, namun penjualan iPhone 13 tetap dilanjutkan. Kemungkinan besar, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini akan mengambil langkah serupa tahun ini, dengan menghentikan penjualan iPhone 14 Plus, sementara iPhone 14 tetap dijual.

iPhone 13

Apple memperkenalkan iPhone 13 pada tahun 2021 dengan beberapa peningkatan, seperti daya tahan baterai yang lebih baik, kamera baru, dan notch yang lebih kecil. Namun, di usianya yang hampir mencapai tiga tahun, iPhone 13 menjadi model tertua yang saat ini masih dijual oleh Apple.

Ketika pertama kali diluncurkan, iPhone 13 dijual dengan harga USD 799. Apple telah beberapa kali memangkas harga ponsel ini, dan saat ini dijual dengan harga mulai dari USD 599.

Jika Apple mengambil langkah yang sama, iPhone 13 kemungkinan akan dihentikan bulan depan dan digantikan oleh iPhone 14 sebagai varian dengan harga paling terjangkau, setidaknya hingga kehadiran iPhone SE yang baru.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua