Gadget

Apple Akui Kegagalan dalam Membuat Apple Watch Kompatibel dengan Android

Apple Watch SE
Apple mengaku gagal dalam buat Apple Watch Kompatibel sama Android. (screenshot Apple Watch SE @apple.com)

PASUNDAN EKSPRES - Apple telah mengakui usahanya dalam membuat jam pintar mereka, Apple Watch, dapat digunakan dengan perangkat Android, sebagai tanggapan terhadap gugatan oleh Departemen Kehakiman AS (DOJ) terkait monopoli pasar smartphone.

Perusahaan tersebut mengonfirmasi bahwa mereka sempat mempertimbangkan untuk mengembangkan versi Apple Watch yang kompatibel dengan Android. Proses ini melibatkan upaya selama tiga tahun sebelum akhirnya ditunda.

Gugatan DOJ terhadap Apple menyoroti Apple Watch sebagai bukti dalam klaim mereka tentang monopoli pasar. Apple Watch hanya bisa digunakan dengan iPhone, yang menurut DOJ, sengaja membatasi pengguna untuk beralih ke merek smartphone lain.

Dengan demikian, membeli Apple Watch bisa membuat biaya beralih ke merek smartphone lain menjadi lebih mahal karena pengguna harus mengganti jam pintar mereka dan memilih yang kompatibel dengan Android.

Dalam tanggapannya, Apple untuk pertama kalinya mengonfirmasi bahwa mereka telah mempertimbangkan untuk mendukung Android pada Apple Watch. Namun, setelah tiga tahun, Apple menyimpulkan bahwa hal tersebut tidak mungkin karena kendala teknis dan memutuskan untuk menghentikan rencana tersebut.

Langkah ini sesuai dengan laporan sebelumnya yang mengungkapkan rencana Apple untuk memperluas jangkauan Apple Watch ke Android. Meskipun demikian, Apple telah menyediakan dukungan terbatas untuk Apple Watch di produknya sendiri, termasuk iPad.

Bagi pengguna Android yang tertarik dengan Apple Watch, opsi terbaik adalah menghubungkannya dengan iPhone milik teman atau anggota keluarga menggunakan fitur Family Setup.

Berita Terkait