Gadget

Bocoran Harga Xiaomi 15 Bikin Penggemar Kecewa

Bocoran harga Xiaomi 15
Bocoran harga Xiaomi 15 bakal bikin para penggemar kecewa. (screenshot Xiaomi 14 @mi.com)

PasundanEkspres - Xiaomi 15 series diperkirakan menjadi salah satu ponsel flagship Android terbaru yang akan dirilis pada tahun ini. Dengan semakin dekatnya waktu peluncuran, informasi terkait harga ponsel tersebut telah bocor ke publik.

Bocoran mengenai harga Xiaomi 15 series berasal dari seorang blogger melalui media China, CNMO. Berdasarkan klaim yang disampaikan, tampaknya harga Xiaomi 15 dan Xiaomi 15 Pro akan mengalami peningkatan.

Mengutip dari Gizmochina, Senin (23/9/2024), Xiaomi 15 dikabarkan akan diluncurkan di China dengan harga mulai dari 4.599 Yuan atau sekitar Rp 9,8 jutaan. Sementara itu, harga Xiaomi 15 Pro dirumorkan mulai dari 5.499 Yuan atau sekitar Rp 11,8 jutaan.

Harga yang dirumorkan ini sedikit lebih tinggi dibandingkan Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro yang dirilis pada tahun sebelumnya. Di China, Xiaomi 14 dijual dengan harga peluncuran mulai dari 3.999 Yuan, sedangkan Xiaomi 14 Pro dimulai dari 4.999 Yuan.

Di Indonesia, Xiaomi hanya meluncurkan satu model, yaitu Xiaomi 14, dengan harga yang dibanderol sebesar Rp 11.999.000.

Kenaikan harga pada Xiaomi 15 series diduga disebabkan oleh meningkatnya biaya komponen, seperti chipset dan penyimpanan. Oleh karena itu, produsen ponsel harus menyesuaikan strategi harga perangkatnya.

Xiaomi 15 series diprediksi menjadi ponsel Android pertama yang akan menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 4. Chipset ini diproduksi menggunakan proses N3E dari TSMC yang memiliki biaya produksi cukup tinggi.

Dilaporkan bahwa harga chip Snapdragon 8 Gen 4 naik sekitar 25% hingga 30% dibandingkan generasi sebelumnya, dengan harga mencapai USD 190 hingga USD 200 per unit. Kenaikan harga chip ini tentunya akan mempengaruhi harga akhir Xiaomi 15 series dan ponsel flagship Android lainnya.

Menurut bocoran yang beredar, Xiaomi 15 series akan membawa berbagai peningkatan, termasuk sensor kamera utama yang lebih besar, kamera telephoto makro, sensor sidik jari ultrasonik, pengisian daya nirkabel yang lebih cepat, dan berbagai fitur lainnya.

Ponsel flagship Xiaomi biasanya diumumkan di China tidak lama setelah chipset Snapdragon terbaru diluncurkan. Kemungkinan, Xiaomi 15 series akan diperkenalkan pada Oktober tahun ini.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua