Gadget

Samsung Dikabarkan Akan Meluncurkan HP Rollable pada Tahun Depan

Samsung Dikabarkan Akan Meluncurkan HP Rollable pada Tahun Depan
Samsung Dikabarkan Akan Meluncurkan HP Rollable pada Tahun Depan. (screenshot @91mobiles.com)

PasundanEkspres - Samsung tampaknya tidak akan tinggal diam melihat peluncuran ponsel layar lipat tiga dari Huawei Mate XT. Perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan ini dilaporkan akan merilis ponsel layar gulung (rollable) pada tahun depan.

Kabar mengenai ponsel layar gulung dari Samsung pertama kali beredar melalui tipster Revegnus pada tahun lalu. Saat ini, informasi terkait perangkat misterius tersebut semakin banyak.

Laporan terbaru datang dari media Korea, The Elec, yang mengklaim bahwa Samsung sedang mengembangkan ponsel layar gulung dengan ukuran layar mencapai 12,4 inci saat dibuka penuh.

Apabila kabar ini benar, maka ukuran layar ponsel gulung Samsung akan lebih besar dibandingkan dengan Huawei Mate XT, yang memiliki layar sebesar 10,2 inci saat dibuka.

Samsung kemungkinan akan menggunakan panel layar gulung berukuran 12,4 inci yang serupa dengan yang pernah dipamerkan oleh Samsung Display pada ajang SID Display Week 2024. Selain itu, ponsel ini juga dikabarkan akan dilengkapi dengan kamera di bawah layar.

Menurut The Elec, ponsel layar gulung Samsung akan diperkenalkan pada paruh kedua tahun 2025. Apabila rumor ini terbukti benar, Samsung akan menjadi vendor pertama di dunia yang merilis ponsel dengan teknologi layar gulung, sebagaimana dilaporkan oleh Android Authority.

Meskipun ponsel layar gulung bukanlah konsep baru, hingga saat ini belum ada yang berhasil dipasarkan. Pada tahun 2020, Oppo memperkenalkan ponsel konsep Oppo X 2021 yang memiliki ukuran layar antara 6,7 inci hingga 7,4 inci saat digulung.

LG juga sempat memperkenalkan prototipe ponsel layar gulung pada tahun 2022, namun bisnis ponsel mereka keburu ditutup. Selain itu, Motorola dan Tecno pada tahun lalu juga memperkenalkan konsep ponsel layar gulung masing-masing, yaitu Motorola Rizr dan Tecno Phantom Ultimate.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua