Gadget

Snapdragon 8 Elite Hadir dengan Dukungan Update Android Lebih Lama

Snapdragon 8 Elite
Snapdragon 8 Elite tawarkan update Android lebih lama. (screenshot @Qualcomm)

PasundanEkspres - Qualcomm baru-baru ini memperkenalkan chipset Snapdragon 8 Elite yang dirancang untuk digunakan pada ponsel flagship Android. Selain menawarkan peningkatan performa, chipset ini juga mendukung pembaruan sistem operasi Android yang lebih lama.

Dalam ajang Snapdragon Summit yang baru berlangsung, Chris Patrick, Senior Vice President dan General Manager of Handsets Qualcomm, mengonfirmasi bahwa Snapdragon 8 Elite akan mendukung pembaruan sistem operasi Android selama delapan tahun.

Pakar Android, Mishaal Rahman, menambahkan bahwa dukungan ini mencakup versi Android saat ini. Dengan demikian, perangkat Android yang menggunakan Snapdragon 8 Elite dapat menerima pembaruan sistem operasi hingga tujuh generasi.

Berita ini tentu menggembirakan bagi para pengguna Android yang menginginkan ponsel flagship-nya tetap relevan selama bertahun-tahun, serta bagi para produsen yang ingin memperpanjang dukungan perangkat mereka. Saat ini, hanya Samsung dan Google yang telah berkomitmen untuk menyediakan pembaruan Android hingga tujuh tahun.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua ponsel yang menggunakan Snapdragon 8 Elite otomatis akan menerima pembaruan sistem operasi hingga tujuh tahun. Produsen ponsel tetap harus menyesuaikan paket dukungan perangkat keras (Board Support Package/BSP) dari Qualcomm dengan skin dan fitur Android yang mereka gunakan.

Saat ini, masih banyak produsen ponsel Android, seperti Sony, ZTE, dan Motorola, yang hanya menawarkan satu generasi pembaruan Android dan pembaruan keamanan selama tiga tahun, dilaporkan PasundanEkspres mengutip dari Android Authority pada Rabu (23/10/2024).

Padahal, sejak tahun 2020, chipset Qualcomm sudah mendukung pembaruan sistem operasi Android hingga empat generasi dan pembaruan keamanan selama empat tahun.

Snapdragon 8 Elite dibuat menggunakan proses fabrikasi 3nm dari TSMC, yang diklaim mampu meningkatkan efisiensi daya dan kinerja secara signifikan. Salah satu perubahan terbesar adalah penggunaan arsitektur CPU baru yang disebut Oryon.

Chipset ini diklaim memiliki peningkatan kinerja CPU hingga 45% pada single-core dan multi-core, serta peningkatan performa grafis hingga 40%. Efisiensi daya juga ditingkatkan sebesar 44%, sementara NPU (Neural Processing Unit) memberikan peningkatan performa AI hingga 45%.

Snapdragon 8 Elite akan digunakan oleh berbagai ponsel flagship dari Samsung, Realme, Xiaomi, Vivo, Honor, OnePlus, dan lainnya. Pengumuman resmi dari masing-masing produsen diharapkan akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai dukungan pembaruan Android yang akan ditawarkan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua